Thursday, March 8, 2012

Perpanjang Paspor di Jakarta Selatan

Perpanjang paspor Indonesia ... saat ini cukup mudah, tidak perlu di kantor imigrasi domisili kita, karena bisa dilakukan di kantor pelayanan imigrasi yang lebih mudah kita akses.


Pengalaman saya yang berdomisili di Tangerang Selatan bisa melakukan perpanjangan paspor di kantor pelayanan imigrasi yang baru direnovasi di Warung Buncit - Mampang - Jakarta Selatan, lokasinya ada disebelah kiri dari arah tol JORR (TB Simatupang), persis di halte busway yang disebut halte Imigrasi. Parkir mobil sangat sulit disana karena selalu penuh, alternatifnya adalah parkir di seberangnya di lahan kosong yang berpenjaga dengan memutar balik di lampu merah, kemudian menyeberang lewat jembatan penyeberangan - halte busway.

Dokumen-dokumen yang perlu disiapkan dan difotocopy adalah:
1. Paspor lama
2. KTP
3. Kartu Keluarga (KK)
4. Akte / Salinan Kelahiran
5. Ijazah sekolah (salah satu)

Pengalaman saya, hari pertama datang jam 10.30 pagi dan sudah ada 50-an orang antrian di depan saya, dilayani jam 11.45 untuk penyerahan berkas. Kemudian mendapatkan resi untuk datang kembali 2 hari kemudian untuk foto dan sidik jari.
Dua hari kemudian saya datang jam 08.40 untuk foto dan sidik jari, sudah ambil antrian dan dapat ke 83, yang sedang dilayani antrian ke 30 ... Menunggu sekitar 53 antrian. Jam 12 waktu istirahat layanan, karena harus rapat maka terpaksa ditinggalkan dan rencana datang kembali esok hari.
Hari ini saya datang cepat jam 7.30 pagi, pelayanan belum dibuka tetapi sewaktu ambil antrian sudah nomer 38 ... Rupanya sudah banyak yang lain datang lebihn dulu. Akhirnya diambil foto dan 10 jari secara digital dengan fingerprint scanner tunggal pada jam 09.30 pagi, setelah itu menunggu lagi 30 menit untuk sesi wawancara, cek data dan tandatangan berkas dan paspor asli. Setelah foto, sidik jari dan wawancara selesai maka proses pendataan telah selesai, dan dinjanjikan dalam 4 hari kerja paspor yang jadi sudah bisa diambil ...
update: Karena kesibukan maka baru tanggal 20 saya baru bisa ke kembali lagi untuk ambil paspor, tiba di lokasi jam 08.15 dan menunggu sekitar 40 menit untuk mendapatkan paspor yang telah jadi ... kalau melihat proses pengambilan ini, menurut saya, tidak perlu ybs yang harus ambil karena cukup membawa bukti pembayaran yang asli sudah bisa untuk mengambil paspor.


(TangSel 9Mar12)