Monday, April 8, 2013

Efisiensi Bahan Bakar Honda New Scoopy F1

Gambaran riil tingkat efisiensi bahan bakar Honda New Scoopy F1, dengan teknologi injeksi, diperoleh setelah menjalankan sepeda motor ini sejauh 520 km sejak pertama diambil dari dealer beberapa minggu yang lalu. Dengan selalu menggunakan bahan bakar Pertamax biasa (Ron 92) maka setelah menempuh jarak 520 km dengan pemakaian normal sehari-hari maka jarak tersebut dapat dicapai dengan pengisian pertamax kurang lebih 12 liter, dimana setiap kali pengisian adalah 2 liter pertamax di pompa minyak Pertamina karena tangki bahan bakar dari Honda New Scoopy F1 ini hanya cukup untuk maksimal tiga setengah-an liter saja.
Dari gambaran angka tersebut maka tingkat efisiensinya lebih kurang 1:43 km/liter, dengan asumsi bahwa pencatat jarak (odo meter), penunjuk isi tangki dari New Scoopy dan takaran volume liter dari pompa bensin Pertamina langganan adalah akurat.

Sepeda motor ini sendiri cukup enak dikendarai dan responsif, hanya saja ground clearence nya lebih rendah dari tipe Vario sehingga seringkali ada bagian tergesek karena terkena "polisi tidur" yang cukup tinggi.

(TangSel 8apr13)