Thursday, September 29, 2011

Mencoba Windows 8

Pengalaman mencoba Windows 8 versi Developer Preview cukup menarik. Operating system (sistem operasi) terbaru dari Microsoft (setelah Windows 7) ini dijanjikan dapat berjalan baik di laptop, netbook dan tab dan mobile gadget lainnya.
Saya telah mencoba windows 8 versi 32 bit pada notebook Lenovo S205 yang menggunakan prosesor AMD Dual Core E-350 dan memori sebesar 2 Gigbyte. Proses instalasi windows 8 dapat dilihat pada link ini.
Kesan pertama proses instalasi cukup mudah dan cepat. Hanya sedikit kebingungan ketika windows 8 menolak instalasi pada partisi harddisk yang telah ada sebelumnya dengan pesan info "The Selected Disk is of GPT partition style". Setelah mencoba-coba ketemu bahwa untuk mengatasinya harus dilakukan penghapusan (delete) semua partisi yang ada, baru kemudian "Next" bisa diklik untuk melanjutkan proses instalasi.
Setelahnya proses berlangsung dengan sendirinya sampai instalasi selesai dan pengenalan perangkat-perangkat ...

proses instalasi windows 8 DP getting devices ready ...
Yang cukup menjanjikan adalah waktu yang dibutuhkan dalam proses awal booting, sejak tombol power ditekan sampai dengan netbook siap login hanya butuh waktu 12 detik saja ! Selanjutnya proses login user membutuhkan waktu 3 detik sampai dengan tampilan user muncul. Suatu peningkatan besar dibandingkan dengan versi windows sebelumnya. Performa klik-klik aplikasi dan multi-tasking terasa lebih responsive dibandingkan windows 7.
Apakah ini indikasi windows 8 didesain lebih ringkas dan efisien ? Kita ikuti saja perkembangannya ...
Selanjutnya saya akan mencoba instalasi sejumlah software yang biasa digunakan untuk kerja, semoga semuanya berjalan mulus ...


[TangSel 29sep11]