Friday, September 30, 2011

Instalasi Windows 8

Instalasi windows 8 Developer Preview sangat mudah dilakukan. Tahapannya seperti diuraikan berikut ini:

1. Download file iso (.iso) instalasi dari laman Microsoft ini, pilih sesuai komputer yang digunakan apakah 32 bit atau 64 bit. Kalau link internet anda tidak terlalu cepat, harap siap-siap karena untuk versi 32 bit saja filenya berukuran 2,8 Gbyte.

2. Burn file .iso tersebut ke keping DVD. Proses burn file iso ke DVD di windows 7 dapat dilihat di sini.

3. Backup seluruh data pada komputer target, dan set BIOS untuk pilih DVD sebagi perangkat opsi boot pertama.

4. Masukkan DVD windows 8 dan booting ... pilih target partisi yang akan diinstalasi.

5. Pengalaman saya ketika mencoba instalasi di partisi yang ada malah ditolak oleh windows 8 dengan pesan info "The Selected Disk is of GPT partition style". Setelah mencoba-coba di partisi lain juga mengalami hal yang sama maka dicoba untuk menghapus (delete) semua partisi, ingat pada langkah ke-3 semua data telah dibackup jadi aman! Setelah semua partisi dihapus tombol "Next" dapat diklik untuk melanjutkan proses instalasi ...

6. Proses selanjutnya berlangsung dengan sendirinya ... sampai dengan deteksi perangkat-perangkat yang ada. Intervensi kita hanya sewaktu memasukkan username/password login dan setting wifi.

proses instalasi windows 8 developer preview
Ada pengalaman menarik bahwa ketika saya lakukan pengesetan wifi berjalan lancar tetapi tidak dapat terhubung ke internet, kalau diperhatikan pada "Networks" muncul pesan "Limited" seperti berikut.

windows 8 wifi networks limited
Ini kesempatan untuk menjajal kemampuan troubleshooting windows 8 karena menggunakan perangkat lainnya wifi di rumah normal-normal saja. Klik kanan pada gambar indicator sinyal wifi dan "Troubleshoots problem", tidak lama kemudian muncul popup window berikut:

Troubleshoots di windows 8
Masalah ditemukan "The default gateway is not available" dan sudah dibetulkan "Fixed" ... seperti pada gambar di atas.

Setelah proses instalasi selesai, dilakukan booting dan login akan disambut dengan tampilan awal ...

tampilan awal windows 8 developer preview

Setelah instalasi windows 8 selesai, bisa mulai coba-coba ... dan berharap banyak pada peningkatan dan kemudahan yang ditawarkannya ...

Catatan: komputer yang saya gunakan untuk instalasi windows 8 developer preview ini adalah Lenovo S205 dengan prosesor AMD Dual core E-350 dan memori 2 Gbyte.



[TangSel 30sep11]