Saturday, October 8, 2011

Kapan Beli Emas ?

Almarhum ibu saya sewaktu masih hidup dan tinggal di kampung setiap kali ada pinjam-meminjan uang selalu melakukan perjanjian pinjaman dalam bentuk emas, bukan uang ! Misalnya ada saudara yang hendak pinjam uang sekian rupiah, maka jumlah uang tersebut saat itu langsung dikonversikan dalam jumlah mayam emas sesuai harga emas di toko emas saat itu. Ukuran mayam adalam satuan ukuran emas yang biasa digunakan di daerah Tanah Karo yang kurang lebih ekivalen dengan 3,25 gram.

Peminjaman tidak dikenakan bunga namun sewaktu pengembalian disepakati untuk kembali dalam bentuk sekian mayam emas. Kalau mendengar ceritanya bahwa cara tersebut adalah sebagai bentuk investasi sekaligus membantu saudara yang butuh modal. Dan memang terbukti bahwa selama puluhan tahun, selama beliau hidup, hal tersebut selalu menguntungkan dimana harga emas selalu naik dan naik terus dibandingkan dengan rupiah ...

Jadi kapan beli emas ? ... jawabannya adalah kapan saja adalah waktu yang tepat untuk beli emas selama bertujuan untuk simpanan atau investasi jangka menengah atau panjang.
Tetapi jika ingin juga mendapatkan keuntungan dari emas untuk jangka pendek maka tip beli emas adalah saat harga emas mencapai harga terendah dalam selang enam bulan ... bisa dicoba seperti pada uraian ini.


[TangSel 7oct11]