Sunday, October 23, 2011

Derby Manchester

Bila satu kota memiliki lebih dari satu klub sepakbola besar akan selalu menimbulkan pengelompokan fans atau supporter yang seru dan panas ...

Hampir setiap anak yang senang bola akan memilih klub idolanya dan dijadikan "musuh" oleh temannya yang memilih klub yang lain ... dan terus berlangsung sampai dewasa. Striker MU si Wayne Rooney menceritakan pengalaman masa kecilnya di Liverpool, dimana dia adalah fans dari Everton akan selalu menghadapi "masalah" dengan teman-temannya yang fans klub Liverpool. Dalam artian sebagai pemicu persaingan demi mengejar prestasi tentunya hal ini positif saja, walaupun seringkali menimbulkan pekerjaan besar untuk pihak keamanan dalam meredakan situasi ketegangan.
Derby Manchester
Derby di kota Manchester Inggris adalah salah satu derby terpanas berusia ratusan tahun sejak tahun 1881 antara klub langganan juara Manchester United (MU) dibentuk duluan pada tahun 1878 dan Manchester City (MC) dibentuk tahun 1880. Tentu saja ini adalah pertandingan penuh gengsi dan berebut kebanggaan di kota terebut.
Ada sejumlah kasus yang juga semakin memanaskan perseturuan kedua klub ini, sebut saja winger si Ryan Giggs yang merupakan legenda hidup di MU yang awalnya merupakan anak junior binaan MC ... yang kemudian dipantau karena skillnya dan "direbut" oleh manajer legenda MU Sir Alex Ferguson dan dijadikan profesional di tim senior MU di usia 17 tahun dan hebatnya masih dalam tim senior hingga kini di usia 38 tahun !
Kemudian ada lagi spanduk (banner) saling ejek diantara keduanya ... yang paling mencolok tentu saja spanduk di dalam stadion Old Trafford (MU) yang menampilkan jumlah tahun (33-34) sejak MC tidak pernah merebut tropi / piala besar sejak tahun 1976 hingga mereka menyudahinya dengan merebut piala FA cup di tahun 2011 dengan mengalahkan MU di babak penyisihan.
Bekas pemain (striker) MU si Carlos Tevez yang menyeberang ke MC adalah salah satu pilar utama yang mengantarkan mereka merebut FA cup tersebut ! Pada saat Tevez menyeberang ke MC dipampang spanduk besar "Welcome to Manchester" dengan gambar Tevez di kota tersebut !
Persaingan ini akan terus berlangsung ... selamanya ? Barangkali ... selama sepakbola bahkan menjadi agama bagi sejumlah orang.

Malam ini Minggu, 23 Oktober 2011 pukul 19.00 wib akan terjadi derby yang paling seru karena dalam klasemen sementara MC menduduki posisi teratas dengan 22 poin dan diikuti oleh MU di posisi kedua dengan poin tertinggal 2 saja ! Jika MC menang maka selisih poin melebar menjadi 5 sebaliknya jika MU menang maka posisi klasemen teratas mereka rebut kembali. Hampir semua pemain inti mereka dikabarkan dalam kondisi fit !
Kejadian derby serupa pernah berlangsung di tahun 1968 ketika MC menjuarai EPL. Menurut BBC Sport statistik pertemuan kedua tim masih dipegang oleh MU, dari total pertemuan mereka sebanyak 160 kali ada kemenangan MU sebanyak 67 kali berbanding 43 untuk MC, sisanya 50 kali berakhir seri. Terakhir kali mereka bertemu saat FA Community Shield 2011, yang mempertemukan juara EPL lawan juara FA cup, dimana MU menang 3-2 setelah membalikkannya dari posisi tertinggal 0-2.

Bakal seru malam ini ... Derby Manchester !


(TangSel 23oct11)