Tuesday, May 15, 2012

Memilih Sepatu Lari Marathon 5K 10K

Memilih sepatu lari marathon 5K, 10K, dst sangat penting supaya dapat dinikmati selama dalam perjalanan ... Terutama saat ini dalam persiapan untuk mengikuti kalender tahunan Jakarta International Run 10K pada tanggal 20 Mei 2012 di Monas Jakarta.
Untuk dapat menyelesaikan lomba marathon dengan maksimal memerlukan sumber energi dan stamina yang cukup dari awal hingga garis akhir / finis. Berikut ini beberapa kriteria sepatu yang baik yang disadur dari http://www.marathon-training-schedule.com/best-marathon-running-shoes.html

Kriteria utama memilih sepatu lari marathon 5K, 10K, dst adalah sebagai berikut:

1. Harus pas dengan kaki kita
Sangat penting bahwa sepatu yang dikenakan harus sesuai dengan jenis kaki kita. Lari marathon akan berlangsung lama dan sangat mengganggu jika sepatu tidak pas dengan kaki, yang mana dapat mengganggu stabilitas dan keseimbangan.

2. Harus bisa memberikan tambahan daya tolakan

Karena lari marathon sangat melelahkan, kita butuh sumber daya tambahan yang dapat memberikan dorongan tambahan selama perlombaan. Jadi tidak salah kalau kita mencari dan menggunakan sepatu yang bisa memberikan daya dorongan yang membantu kita dalam berlari. Konsep ini kemudian mengilhami peneliti di pabrikan sepatu untuk memanfaatkan dan mengubah daya tolakan menjadi daya dorong ke depan setiap kali kaki menapak di jalan. Ketika kaki menapak, bagian alas sepatu yang berisi udara akan tertekan karena beban tubuh kita, yang kemudian secara perlahan memberikan efek balik tolakan untuk kembali ke bentuk aslinya, yang mana memberikan daya dorong tambahan ke pelari ketika mengangkat kakinya ke depan. Sejumlah merk sepatu telah mengaplikasikan konsep ini pada sepatu buatannya.

3. Harus ringan dan fleksibel
Dapat dibayangkan dalam lari marathon, ketika matahari mulai menyengat, keringat bercucuran, dan kaki semakin berat tiap kali mengayunkan kaki. Otot kaki akan semakin terasa tegang dan perasaan semakin tertekan. Hal ini tentunya akan semakin diperberat bila sepatu yang digunakan adalah besar, berat dan kaku. Dalam hal ini sepatu yang ringan dan fleksibel akan menghemat tenaga kita atau efisien sehingga kita mampu berlari lebih cepat dan lebih lama.


(TangSel 15may12)