Wednesday, May 2, 2012

Mencoba Review Samsung Galaxy Tab 2 - 7 inci dan Android Ice Cream Sandwich

Mencoba review Samsung Galaxy Tab 2 - 7 inci dengan kekuatan prosesor Dual Core 1 GHz dan memori 1 GB, yang telah diluncurkan di Jakarta pada Sabtu tanggal 28 April 2012 yang lalu ...
Dengan tipisnya (hanya 10,4 mm) dan entengnya (hanya 345 gram) ... saya yang biasa menggunakan iPad (tipe lama) berukuran 10 inci jadi tertarik dan coba beralih gadget ke ukuran 7 inci beresolusi layar LCD 600 x 1024. Untuk storage (SD card) sebesar 16 GB dihargai 4 juta rupiah, harga yang sangat kompetitif tentunya ...


Ukuran Samsung Galaxy Tab 2 - 7 inci

Setelah mencoba Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS) 4.0.3 terbaru di Samsung Galaxy Tab 2 ini, terasa sangat mudah digunakan dan cukup responsif. Beberapa fitur dan aplikasi yang disediakan telah saya coba dan memenuhi kebutuhan sehari-hari selayaknya saya pakai iPad ...

Aplikasi terpasang Polaris Office yang mirip Word, Excel dan Powerpoint menggantikan aplikasi Docs To Go yang biasa saya pakai di iPad. Sedangkan aplikasi Gmail yang sudah tersedia juga mempercepat perpindahan ke gadget ini, karena ketergantungan saya dengan Gmail.
Aplikasi dan fitur standar seperti Bluetooth 3.0, GPS, baterai berkapasitas 4000mAh yang tahan digunakan seharian, Browser internet, Memo, Planner (sejenis Schedule), Music Player, Gallery (sejenis Photo / Image viewer), Video Player, Camera, dll juga dapat digunakan dengan mudah. Ketika akun Gmail saya didaftarkan dan aktif, maka secara otomatis skedul dan kontak tersinkronisasi dengan aplikasi S Planner dan kontak saya di TAB 2 ini.
Pada gambar berikut ini adalah icon-icon aplikasi standar yang telah terpasang pada TAB 2, kecuali game Angry Bird yang saya install melalui Google - Play Store (sejenis Apple Store - iTunes di iPad - Apple).
Aplikasiku di Galaxy Tab 2

Apa kelebihan Samsung Galaxy Tab 2 - 7 inci dibandingkan dengan iPad (lama) ?

Menurut saya, yang paling saya perlukan selama ini tapi tidak ada di iPad adalah selain kamera belakang 3 M piksel (hanya) dan kamera depan 0,3 M piksel (hanya), antara lain:

1. Fitur Tethering and portable hotspot (USB tethering, Portable Wi-Fi hotspot, Bluetooth tethering), fitur yang sangat bermanfaat karena TAB 2 dapat dijadikan sebagai Wi-Fi Access Point ke internet untuk maksimal 5 klien. Dengan akses internet yang saya gunakan dari XL HotRod + 3G, dapat dengan mudah di-sharing koneksi internet dengan rekan / teman lainnya melalu Wi-Fi dan Bluetooth.

 2. Telepon dan SMS, dengan ukuran gadget 7 inci masih memungkinkan untuk bertelepon ria tanpa head-set. Bahkan masih bisa dimasukkan ke kantong ... walaupun tidak seleluasa gadget ukuran 3 - 5 inci! Lihat gambar berikut :-)  
Galaxy Tab 2 di saku celana
3. Untuk kita yang hidup di daerah penuh kemacetan lalulintas, ukuran TAB 2 yang kecil dan tipis masih bisa dipegang satu tangan kemudian browsing dan mengetik dengan telunjuk tangan kedua ketika jalanan sangat macet atau berhenti ... lumayan untuk mengurangi kepenatan ...lihat gambar berikut.
Galaxy TAB 2 mudah digenggam satu tangan
3. Mengurangi beban di backpack / tas ransel karena beratnya hanya 345 gram, bandingkan dengan iPad yang 700-an gram.

4. Ekstra penyimpanan / storage dengan slot kartu micro-SD yang tersedia.

Jadi secara umum menurut saya Samsung Galaxy Tab 2 - 7 inci dengan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS) ini bisa memenuhi kebutuhan saya dan sekaligus menjadi handphone kedua, karena dengan ukuran yang ringkas masih bisa digunakan untuk telepon dan sms-an. Aplikasi-aplikasi Office cukup mudah digunakan karena ukuran keyboardnya cukup memadai, walaupun tingkat salah ketiknya lebih tinggi dibandingkan dengan keyboard di iPad, seperti hasil uji dengan mengetikkan seluruh huruf a - z pada kalimat "The quick brown fox jumps over the lazy dogs" pada gambar berikut ini dimana ada kesalahan "brown" menjadi "brosn" dan "dogs" menjadi "dpgs" pada baris ketiga ...
Keyboard qwerty di Galaxy Tab 2 cukup besar dan memadai

TangSel (2Mei2012, 6Jul2012)