Thursday, October 18, 2012

Lampu LED Dibandingkan Lampu Hemat Energi CFL

Setelah lampu pijar, dilanjutkan dengan era lampu TL yang jauh lebih hemat listrik, kemudian diperbaiki lagi dengan lampu hemat energi CFL (compact fluorecent lamp) pada tahun 90-an, maka kini mulai datang era lampu LED (light emitting diode) yang menawarkan penghematan energi yang lebih besar lagi dan umur pakai yang jauh lebih lama.
Diperkirakan penghematan lampu pijar ke CFL adalah 80%, sedangkan lampu CFL ke LED adalah 40% (lihat hasil percobaan ini), maka penghematan listrik dari lampur pijar ke LED adalah 88% !

Konon berdasarkan penelitian bahwa penerangan lampu merupakan pemakai 19% dari seluruh produksi daya listrik dunia yang diperkirakan Bank Dunia sejumlah 20 Triliun kWh pada tahun 2009 sesuai data pada situs ini. Berdasarkan situs ini bahwa per kWh listrik dihasilkan emisi CO2 sebanyak 0.527 kg (dengan asumsi semua pembangkit listrik menggunakan bahan bakar fossil). Seandainya dunia berhasil mengkonversi pemakaian lampu ke jenis yang hemat energi dengan asumsi 10% saja maka akan ada pengurangan emisi CO2 sebesar 200 juta ton per tahun !

Mengapa lampu LED akan menjadi tren ? Pertama hemat energi dan kedua adalah umur pakainya yang saat ini diklaim oleh pabrikan 15 tahun. Dengan umur pakai sedemikian lama maka sampah dari lampu LED akan jauh sekali berkurang (go green), dibandingkan dengan lampu CFL yang hanya berkisar 1 tahunan. Kendala utama saat ini adalah harganya yang masih mahal, lebih kurang 3,3 kali harga lampu CFL, namun dalam beberapa waktu ke depan dengan produksi massal harga tentunya semakin murah.

(Tangsel 18oct12)


Lampu LED Dibandingkan Pijar dan Lampu Hemat Energi CFL
Efisiensi energi lampu LED
Efisiensi lampu CFL