Tuesday, October 16, 2012

Lampu LED Super Hemat Energi

Judul lampu LED super hemat energi di atas kiranya tidak berlebihan. Dua hari lalu di salah satu kamar di rumah kita gantikan lampu hemat energi sistem elektronik atau sering disebut CFL (compact fluorecent lamp) merk Osram yang telah digunakan selama lebih dari 1 tahun  dengan daya 13 watt, menjadi lampu LED Phillips 9 watt. Setelah diganti, hasilnya secara kasat mata lampu LED terlihat lebih terang, ditaksir sekitar +10% !  Perhatikan foto berikut ini sebelum dan setelah lampu CFL diganti dengan lampu LED.

Foto kiri diambil ketika menggunakan lampu CFL lama berdaya 13 watt, sedangkan sebelah kanan adalah cahaya lampu LED baru berdaya 9 watt yang terlihat lebih terang. Jadi dengan daya watt yang lebih rendah 30% -nya (13 watt berbanding 9 watt) menghasilkan cahaya yang lebih terang +10% !  Kesimpulan sederhananya (bukan hasil penelitian laboratorium), lampu LED lebih irit listrik 40% dibandingkan CFL. Sebagai perbandingan dapat dilihat pada situs ini, dimana disebutkan angka yang lebih rendah 20%.

Sebagai perbandingan harga, harga lampu LED 9 watt lebih mahal sekitar 330% (3 kali lebih) dibandingkan dengan lampu hemat energi CFL 13 watt. Harga CFL Osram di pasaran sekitar 27 ribuan, sedangkan LED Phillips sekitar 90 ribuan. Namun pabrikan mengklaim bahwa lampu LED lebih awet 10 kalinya, disebutkan LED bisa tahan sampai dengan 15 tahun !!! Benar tidaknya, waktu yang akan membuktikan ...

Dengan hasil percobaan tersebut lampu LED cukup menjanjikan pada saat ini, dimana umur pakai jauh lebih panjang dan lebih hemat energi (baca: biaya listrik lebih murah) dan terlebih lagi jika produksinya semakin massal tentu akan menurunkan harga jual.

(Tangsel 16oct12)