Monday, February 25, 2013

Apakah Pemilik Kartu Kredit Harus Ikut Terbang

Jika kita membeli tiket pesawat terbang dari salah satu perusahaan penerbangan secara online via web, pertanyaan yang sering muncul adalah "Apakah Pemilik Kartu Kredit Harus Ikut Terbang ?".
Dari pengalaman dan pemberitahuan yang disampaikan oleh web perusahaan penerbangan ketika melakukan pembayaran memang demikian adanya, jika tidak maka harus membawa salinan (copy) dari halaman depan kartu kredit yang digunakan dan salinan KTP pemilik-nya. Sebagai contoh seperti dapat dilihat pada link FAQ Citilink ini, dimana disebutkan: "Apabila pemilik kartu kredit tidak ikut dalam penerbangan, cukup siapkan salinan kartu kredit dan KTP pemiliknya untuk ditunjukkan pada saat check-in.". Dimana hal ini berlaku untuk pembayaran online dengan kartu kredit Visa dan Mastercard.
Tindakan pengamanan ini bisa dimengerti karena perusahaan penerbangan ingin memastikan bahwa tidak ada penyalah-gunaan kartu kredit secara tidak bertanggung jawab, karena seperti kita ketahui pengaman transaksi ketika melakukan pembayaran online hanyalah: nama pemegang kartu, nomor kartu, masa berlaku kartu, dan kode CVV yang semuanya ada tercetak pada halaman depan dan belakang dari kartu kredit.

Bagaimana dengan kartu kredit lainnya seperti BCA Card misalnya ? Karena transaksi pembayaran secara online dengan BCA Card bukan seperti Visa dan Master melainkan melalui mekanisme portal BCA Klikpay yang dilindungi dengan user + password tersendiri, dan pilihan menggunakan kartu kredit baru baru ada di dalamnya portal tersebut maka penggunaan BCA Card tidak termasuk dalam ketentuan tersebut, artinya pemilik kartu tidak harus ikut terbang dan tidak perlu salinan kartu maupun identitasnya jika tidak ikut terbang. Hal ini telah dicoba pada penerbangan hari ini, dimana Citilink tidak meminta hal tersebut ketika check-in.

(Jakarta 25feb13)