Tuesday, March 5, 2013

Apakah BlackBerry (BB) 10 di-Encrypt Data-nya / Aman ?

Layanan dari BlackBerry (BB) terutama BB Messenger (BBM) cukup populer di Indonesia. Dengan diluncurkannya sistem operasi BB versi 10 yang diawali dengan perangkat pertamanya Z10 yang disebutkan tidak lagi memerlukan langganan layanan data BB lama yaitu BIS (BB internet service) maupun BES (BB enterprise server) maka timbul pertanyaan Apakah Blackberry (BB) 10 di-Encrypt Data-nya / Aman ?

Dalam konteks BBM seharusnya komunikasi data tetap aman dengan enkripsi data (data encryption) karena komunikasi data dari perangkat BB 10 (contoh Z10) ke domain-nya BBM tetap melalui pintu masuk/keluar HUB dari BB sehingga enkripsi (encrypt) tetap berlaku. Jadi khusus untuk BBM dapat dikatakan bahwa keamanannya tetap dipertahankan seperti semula, seperti digambarkan disamping ini.

Bagaimana dengan e-mail, browsing dan yang lainnya ? Karena BB 10 tidak lagi memerlukan BIS dan BES melainkan cukup dengan layanan internet biasa maka semua akses BB 10 ke internet yang tidak melalui HUB menjadi sama saja dengan gadget lainnya seperti Android, iOS (apple), Windows Phone, dan lain-lain.

(Jakarta 5mar13)