Monday, March 25, 2013

Mengapa BlackBerry Z10 Hang - Rebooting

Sebelum memindahkan BBM di BlackBerry BB lama Onyx 2 ke Z10 maka saya mencoba dulu selama 10 hari ini. Untuk memastikan bahwa Z10 bisa diandalkan. Namun setelah proses update sistem operasi terakhir ke release 10.0.10.82 yang dilakaukan lebih kurang 7 hari yang lalu, tiba-tiba pagi hari ini Z10 hang ketika sedang melakukan browsing biasa mencari informasi dengan browser standar dari Z10 seperti pada gambar di bawah. Aplikasi-aplikasi lainnya tidak ada yang jalan di background, kecuali BB Hub dengan email GMail. Saat itu semua fungsi layar sentuh maupun tombol power/standby secara tiba-tiba tidak berfungsi sama sekali.
Z10 hang, tidak memberi respon sama sekali
Setelah ditunggu beberapa detik ada indikasi LED berkedip merah, tanda-tanda rebooting berlangsung ... Benar saja ketika kemudian muncul gambar proses rebooting seperti gambar di bawah ini.
Z10 rebooting sendiri setelah hang dan dibiarkan beberapa lama
Dengan kejadian ini BlackBerry tampaknya harus kerja keras untuk mencari sumber masalahnya, karena sistem operasi BB 10 yang digadang-gadang tahan banting malah dengan kejadian ini tidak dapat melokalisir suatu masalah sehingga tidak  perlu rebooting sistem. Sebagai catatan bahwa pada saat kejadian tidak ada aplikasi lain yang jalan selain browser dan BB Hub.

--------------------
Siang ini 12 April 2013 kejadian lagi, Z10 hang dimana gesture dan tombol power tidak di-respons dan kemudian rebooting sendiri pada saat aplikasi peta Waze sedang dibuka, yang lain hanya bbm saja yang terbuka !!! Kejadian ini terjadi setelah Z10 terakhir kali di-reboot 5 hari yang lalu untuk ganti SIM card ...
Setelah release 10.0.10.82 belum ada update lagi sampai hari ini, kelihatannya ada masalah serius ini ... semoga segera ada solusinya!!! atau masalah firmware kah?
--------------------

(Tangsel 25mar13, 12apr13)


Update info:
Masalah ini sudah tidak pernah timbul lagi sejak Z10 yang digunakan diupgrade OS-nya ke versi 10.1 dari versi 10.0 sebelumnya. Cara upgrade-nya bisa langsung melalui pilihan Setting - Software Updates, jangan lupa gunakan koneksi wi-fi dan internet yang cukup cepat supaya proses upgrade-nya berlangsung cepat karena perlu download image file lebih dari 300 megabyte ...

(Jakarta 16jul13)