Thursday, March 21, 2013

Dari Android Jelly Bean ke Blackberry 10 - Z10

Akhirnya tiba waktu untuk mencoba Blackberry 10 (BB 10) dengan gadget pertama mereka Z10 dengan bentang layar 4,2 inci. Dari kebiasaan sehari-hari menggunakan Galaxy Nexus - Samsung dengan Android Jelly Bean 4.1 dan bentang layar 4,6 inci berpindah ke Z10 secara fisik tidak terasa banyak perbedaan. Demikian juga respons dari BB versi 10 dan Android Jellybean tidak terasa perbedaan yang signifikan. Kecuali bahwa Z10 tetap terasa adem (tidak hangat) walaupun dipakai untuk waktu lama, demikian juga baterai Z10 lebih tahan dibandingkan Nexus tersebut dengan pola penggunaan yang mirip.
Namun hal yang paling terasa "kurang" dari BB 10 ini adalah aplikasi, aplikasi dan aplikasi yang tersedia, berikut ini beberapa catatan tentang aplikasi-aplikasi di Z10:


Instagram:   belum sudah ada, versi porting dari Android sudah ada dan bisa lihat di sini.
Facebook:   jalan baik
Twitter:   jalan baik
LinkedIn:   jalan baik
Yahoo Messenger:   ada dengan fitur yang minim
LINE:   belum sudah ada, versi porting dari Android sudah ada dan bisa lihat di sini.
WhatsApp:   jalan baik (setelah upgrade OS BB ke versi release terbaru 10.0.10.82 atau 10.1)
Google Maps:   yang ada hanya versi berbayar
Waze:   jalan cukup baik
GMail:   yang ada hanya versi berbayar, penggantinya adalah aplikasi built-in Hub BB yang dapat menyatukan berbagai aplikasi messaging (email, FB, LinkedIn, sms, bbm, dll) di satu tempat. Bagi yang terbiasa memakai GMail client akan terasa sedikit "kurang" di Hub BB.
BBM:   tentu saja masih jadi unggulan mereka dan tetap hanya ada di BB sampai saat ini :-)


Aplikasi berbayar di BB 10
Untuk aplikasi yang "aneh-aneh" yang banyak terdapat di Android terasa masih sangat kurang, hal ini dapat dimaklumi karena klaim dari CEO Blackberry bahwa "baru" ada 70 ribu aplikasi yang tersedia untuk BB 10 dibandingkan dengan lebih dari setengah juta yang ada di Android.

(Jakarta 21mar13, 16jul13)