Wednesday, January 1, 2014

Jangan Beli iPhone dari Orang Tidak / Baru Kenal

Apple menerapkan sistem pengamanan yang makin keras ketika meluncurkan iOS versi 7, paling tidak hingga saat ini (akhir tahun 2013) belum ada laporan (googling, dsb) yang mampu melakukan hack ataupun tweak sistem pengaman iOS 7 tersebut.
Ketika fitur  Find My iPhone di iCloud diaktifkan oleh pemilik pertama maka iOS 7 akan terkunci dengan Apple ID (dengan password) yang digunakan tersebut selamanya. Barangkali maksud Apple adalah salah satu cara untuk menekan tingkat pencurian yang marak terjadi pada gadget premium mereka ...



Mengapa judul tulisan ini "Jangan Beli iPhone dari Orang Tidak / Baru Kenal" ? karena ketika anda membeli gadget (bekas / second) tersebut dan ternyata si penjual bukan pemilik sah si pemilik Apple Id-nya maka akan terjadi masalah besar ... yakni ketika gadget iOS 7 tersebut meminta Apple Id (dan passwordnya) saat diaktifkan, restart, dsb. Pesan yang muncul seperti This iPhone is currently linked to an Apple ID xxxx@icloud.com berarti meminta anda memasukkan akun dan password.
Jika si penjualnya tidak tahu Apple Id dan passwordnya (atau memang barang curian) maka gadget tersebut tidak akan bisa digunakan lagi !!! Sebagai catatan tambahan bahwa sekalipun masih aktif si iPhone tidak bisa di-reset ke factory setting-nya tanpa punya Apple Id dan passwordnya.
Pun ketika anda mencoba meng-upgrade di lingkungan iOS versi 7, misalnya versi 7.02 menjadi 7.04 tetap dapat dilakukan dengan iTunes tetapi ketika diaktifkan akan meminta Apple Id lagi ! Sementara itu sampai saat ini pun tidak ada cara men-downgrade dari iOS versi 7 ke versi lawas 6 ... Sekali anda di versi 7 maka selamanya hanya bisa upgrade, tidak bisa downgrade ...

Tetapi bila anda berhubungan langsung dengan si pemilik sah maka dia dapat melepaskan gadget tersebut dari daftar perangkat di Find My iPhone - nya, sehingga anda dapat mendaftarkan Apple Id baru yang selanjutnya terkunci dengan gadget tersebut.

Jika anda terlanjur atau tertipu membeli gadget dengan kondisi LOCK (terkunci) maka tidak ada jalan lain selain mencoba menghubungi pemilik Apple Id-nya dan meminta bantuan melepaskan dari daftar Find My iPhone - nya (jika memang bukan barang yang dicuri) atau meminta bantuan ke Support-nya Apple dengan memberikan bukti dan alasan yang kuat.

(Tangsel, 1jan14)