Thursday, August 30, 2012

Cara menghemat batere tablet android

Ketika cara menghemat batere tablet (android) seperti berikut ini diterapkan akan sangat menolong karena jarak waktu antara pengisian (charge) batere semakin jarang.
Pada dasarnya gadget berupa tablet ataupun smartphone boros batere karena dua hal, yakni memberi daya listrik untuk layar yang semakin lebar yang sekaligus menjadi papan ketik (virtual keyboard) dan kedua untuk transmisi / komunikasi data melalui mobile network (GSM, HDSPA, 3G, dsb) atau hotspot (Wi-Fi) yang semakin cepat. Jadi untuk menurunkan pemakaian batere maka kedua faktor tersebut harus menjadi perhatian utama kita. Caranya sebagai berikut.


1. Untuk layar rajin-rajin lah mengatur kecerahan (brigthness) layar sesuai dengan kondisi lingkungan. Jika suasana lingkungan agak gelap maka kecerahan layar dapat diminimalkan. Dari pengalaman bahwa pengaturan manual seperti ini jauh lebih baik daripada pengaturan auto. Dan jangan lupa mengaktifkan auto-off  yang cukup cepat, misalnya 2 menit saja.

2. Mematikan transmisi / komunikasi data ketika tidak diperlukan. Menghidupkan mobile network atau wi-fi hanya sewaktu butuh browsing, chatting, email, atau koneksi internet lainnya akan banyak menghemat pemakaian batere. Dari pengalaman bahwa pada handset Samsung Galaxy Tab 2 menghabiskan 2 - 5% isi batere ketika mobile network dalam posisi standby selama 1 jam. Sebagai catatan bahwa sms dan telepon tetap berfungsi sekalipun mobile network atau wi-fi dimatikan. Tentu saja bagi anda yang butuh notifikasi online dari aplikasi seperti chatting, tweeter, facebook, gmail, dsb tidak akan aktif bila mobile network dan wi-fi dimatikan, jika anda masuk kategori yang terakhir maka hanya bisa mematikan wi-fi saja secara rajin ketika tidak digunakan sedangkan mobile network harus selalu aktif.


(Tangsel 30aug12)