Tuesday, September 25, 2012

Perbandingan Apple iOS dan Android

Beberapa hal perbandingan Apple iOS dan Android diuraikan berikut ini.
iOS adalah sistem operasi tertutup (proprietary) yang dibuat dan digunakan secara eksklusif oleh Apple pada perangkat mobile - nya seperti: iPad, iPhone dan iPod Touch. Sedangkan Android adalah sistem operasi terbuka (open) yang dikembangkan oleh Google dari basis Linux untuk berbagai perangkat mobile dari perusahaan-perusahaan yang berbeda, seperti Samsung (Galaxy Tab, Galaxy S, dsb), HTC, Motorolla, Sony, Ericsson, ZTE, Huwaei, dsb. Pada saat ini versi terbaru iOS adalah versi 6, sedangkan versi terbaru Android adalah Ice Cream Sandwich 4.0 dan Jelly Bean 4.1.
Sistem operasi lainnya yang juga sudah ada di pasaran dunia tetapi penggunanya tidak sebanyak kedua sistem operasi tersebut antara lain adalah: Blackberry OS, Windows Phone, Symbian, Bada, Meego, dsb.


Mencoba membandingkan antara IOS dan Android ...

1.  Keduanya didukung oleh Ekosistem yang kuat, Apple Store dan Google Play Store

2. Aplikasi yang tersedia untuk Android jauh lebih banyak, demikian juga untuk aplikasi yang tidak berbayar (gratis). Dengan catatan bahwa setiap kali akan instal aplikasi sebaiknya dicek lebih dahulu apakah sesuai atau berjalan baik pada hardware yang kita gunakan, untuk itu rajin-rajin lah melihat "Description" ataupun "Reviews" dari aplikasi tersebut. Dalam hal ini harus diakui bahwa aplikasi-aplikasi pada iOS walaupun lebih sedikit tetapi berjalan lebih mulus dan lebih pasti. Sebagi buah dari regulasi yang ketat yang diterapkan oleh Apple pada Apple Store.

3. Proses upgrade versi pada iOS berjalan lebih mulus dibandingkan upgrade versi di Android. Dari pengalaman bahwa setelah upgrade Android sering ditemukan fitur-fitur / aplikasi yang menjadi tidak jalan sama sekali atau bermasalah. Hal ini dapat dimengerti karena iOS hanya dibuat untuk perangkat keras (hardware) apple saja, berbeda dengan Android yang menggunakan perangkat keras yang berbeda-beda. Sehingga setiap vendor hardware perlu memastikan versi Android yang baru pada lingkungannya.

4. Android lebih mudah dikustomisasi dibandingkan dengan iOS, hal ini karena iOS sistemnya lebih tertutup sementara pada Android dapat dilihat kode sumber (source code) - nya sehingga lebih mudah dikembangkan oleh para programmer / developer.

5. Spesifikasi perangkat keras Android cenderung lebih tinggi daripada Apple, sebagai contoh: handset Galaxy S3 (Samsung) menggunakan prosesor 1.4 GHz quad-core (4 inti), sementara iPhone 5 terbaru masih menggunakan prosesor 1.2 GHz dual-core (2 inti). Walaupun demikian dilaporkan bahwa  kecepatan iPhone 5 lebih tinggi dari S3 untuk pengujian tertentu, hal ini dapat dimengerti karena iOS memang dibuat eksklusif dan di-tune untuk hardware tersebut sehingga lebih menyatu dan iOS bisa berjalan lebih efisien. Disamping bahwa iOS hanya menambahkan fitur-fitur yang sudah matang saja. (Dengan pengecualian untuk aplikasi Apple Maps, yang menggantikan Google Maps pada iOS versi 6, yang dilaporkan memberikan banyak informasi yang tidak akurat dan kacau).

(Tangsel 25sep12)