Friday, March 21, 2014

Ada apa dengan MH370 ?

Ada apa dengan MH370 ? yang saat ini menjadi berita yang hangat dan diulas terus-menerus di mass media. Hal ini disebabkan karena pesawat tersebut hilang kontak total sejak Sabtu, 8 Maret 2014 setelah terbang selama satu jam dari bandara Kuala Lumpur International Airport (KLIA) menuju Beijing dan belum diketahui keberadaannya sampai dengan saat ini.

MH adalah kode IATA untuk perusahaan penerbangan Malaysia Airlines, yang kode ICAO-nya MAS, sedangkan angka 370 adalah nomor yang diberikan untuk penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing.

Data tentang MAS MH370 yang nahas tersebut:

-- Jenis pesawat: Boeing 777-200ER
-- Kapasitas penumpang: 301 orang
-- Daya jelajah:  7,725 nautical miles (14,305 km), dalam kondisi tanpa penumpang
-- Pengendali pesawat: Pilot dan Co-pilot
-- Usia pesawat: 10 tahun
-- Jadwal terbang MAS: berangkat 00.25 [GMT+8] tiba 06.35
-- Penumpang pada saat kejadian: 239 orang (termasuk awak pesawat)
-- Jarak udara Kuala Lumpur - Beijing: sekitar  4.350 km
-- Menurut informasi yang ada, pada saat terbang tangki bahan bakar pesawat dalam kondisi penuh.

Kronologi penting pada hari naas Sabtu, 8 maret 2014 waktu Malaysia [GMT+8]:
-----------------------------------------------
00.41 --- MH370 Lepas landas dari KLIA

01:19 --- Kontak suara terakhir dari Co-pilot dengan ATC Malaysia dengan pesan "allright, good night" ... "semuanya baik, sampai jumpa". "good night, Malaysian three seven zero" - "selamat malam, Malaysia 370.". Setelah itu pesawat seharusnya masuk ke wilayah udara ATC Vietnam.

01:21 --- Kiriman posisi terakhir di koordinat 6°55′15″N 103°34′43″E (di atas Laut China Selatan) dari transponder di MH370. Beberapa saat setelah itu ternyata transponder dimatikan dengan sengaja.

01:28 --- Waktu yang terdeteksi oleh radar militer Thailand yang dianggap abnormal karena MH370 terdeteksi putar balik ke arah Kuala Lumpur. Tetapi koordinat posisi dan informasi lainnya tidak tercatat.

02:15 --- Waktu terakhir terdeteksi oleh radar militer Malaysia di sekitar 200 mil (320 km) di barat laut dari Penang.

08:11 --- Waktu hilangnya tautan terakhir sinyal ACARS ysng otomatis tiap jam dengan satelit Inmarsat. Tetapi tidak ada informasi koordinat atau lainnya karena hanya tautan sinyal komunikasi (handshake) saja yang terdeteksi terputus yang seharusnya terjadi setiap interval satu jam. Dengan demikian kejadian fatal di pesawat kemungkinan terjadi di antara jam 08.11 s/d 09.11
---------------

Ada banyak informasi yang simpang siur dalam beberapa hari belakang ini, tetapi informasi terakhir yang saat ini sedang difokuskan adalah dari pemerintah Australia (AMSA) yang pada 16 Maret 2014 mendeteksi dari citra satelit adanya 2 obyek besar serpihan berukuran 24 meter dan yang lebih kecil di Samudera Hindia sebelah barat daya kota Perth berjarak lebih dari 2.350 km yang kira-kira lebih dekat ke Kutub Selatan di titik koordinat sekitar 44 BT - 91 LS.

Perkiraan awal perjalanan MH370 jika serpihan di barat daya Perth benar adanya
Jika informasi AMSA tersebut benar merupakan serpihan MH370, kemudian sesuai informasi radar militer Indonesia yang menyebutkan tidak mendeteksi adanya pesawat asing yang masuk maka perkiraan rute pesawat nahas tersebut sejak deteksi terakhir radar militer Malaysia di barat laut Penang ke lokasi serpihan di barat daya Perth adalah seperti pada gambar.
Secara logika dalam waktu sekitar 6 jam (sejak jam 02:15 s/d  08:11) jarak tersebut memungkinkan tercapai.
Dengan Google Earth dapat diukur jarak yang dilalui pesawat sejak dari KL ke lokasi serpihan yakni sekitar 7.400 km. Berdasarkan kutipan informasi di atas bahwa MH370 terbang dalam kondisi tangki penuh bahan bakar maka jarak 7.400 km tersebut kira-kira setengah daya jelajah Boeing 777-ER yaitu 14.305 km, jadi kemungkinan pesawat jatuh bukan karena kehabisan bahan bakar tetapi penyebab lainnya.

Jika ada masalah teknis tentunya perjalanan MH370 tidak akan sejauh itu dan dengan rute yang sanggup menghindari radar penerbangan sipil dan celah radar militer beberapa negara. Jika terjadi pembajakan tentunya ada upaya tuntutan oleh pembajak dalam selang waktu 7 jam sejak pesawat berbelok arah ...
Apakah ada maksud lain yaitu menjadikan pesawat sebagai rudal, seperti kejadian 9-11 di Twin Tower WTC - New York maupun markas militer Amerika Serikat yaitu Pentagon, dengan sasaran tertentu di Australia ??? Misalnya fasilitas militer Australia - Amerika Serikat yang ada di sana. Tetapi bisa digagalkan ditengah jalan oleh awak kabin atau penumpang yang sadar telah terjadi sesuatu karena pesawat seharusnya sudah mendarat dalam waktu 6 jam di Beijing. Ada kemungkinan setelah mendobrak pintu kokpit terjadi perkelahian di kokpit memperebutkan kendali pesawat seperti pada kejadian 9-11 yang salah satu pesawat yang dibajak jatuh di Pennsylvania sebelum mencapai sasaran Gedung Capitol, karena digagalkan oleh penumpang secara heroik melawan pembajak.

Semoga pesawat MH370 lekas ditemukan supaya ada kejelasan kepada para keluarga yang sedang bersedih menunggu kabar.


(Tangsel, 21mar14, 5apr14)