Saturday, March 8, 2014

Cara Memindahkan Kontak / Contacts Z-10 BB-10 ke Android

Dengan tersedianya layanan BBM di Android (Gingerbread, Jellybean dan Kitkat) dan iOS (iPhone) maka kini tersedia lebih beragam pilihan handset yang bisa menjalankan BBM untuk mendukung produktivitas kerja kita.

Pemindahan BBM dari Blackberry 10 (BB-10) / handset Z-10 ke Android maupun iOS sangat mudah karena cukup mematikan jaringan internet dari BB-10 yang lama supaya BBM-nya menjadi off-line dari server BBM, kemudian menjalankan BBM di Android / iOS baru yang telah tersambung internet  dengan memasukkan user dan password di BBM login (sama dengan user / password di Blackberry World). Maka secara otomatis semua kontak / contact BBM (termasuk Group-group) akan berpindah dan aktif dengan PIN - BB yang baru di handset Android / iOS tersebut.



Yang sedikit merepotkan adalah untuk memindahkan daftar kontak / Contacts lainnya di Z-10 yang berisi nama, nomor telepon, handphone, email, alamat, dsb. Dulu tersedia aplikasi di BB untuk expor Contacts langsung menjadi CSV, tetapi saat ini sudah tidak didukung lagi.
Untuk itu perlu dilakukan proses export - import melalui jalur yang tersedia di aplikasi Blackberry Link yaitu (hanya) via Windows Contacts yang selanjutnya di-expor ke file CSV. Setelah jadi file CSV kita bisa lakukan impor, pilihannya adalah impor ke Contacts dari Device-nya Android atau ke Contacts dari Google Mail (GMail) yang terintegrasi dengan Android.
Pada pilihan pertama lakukan proses copy file CSV tersebut ke media Storage dari handset Android, kemudian di Android jalankan "Contacts" kemudian klik menu "Option", klik "Import/Export" dan klik "Import from USB storage"  dari lokasinya.



Proses dan langkah-langkah selengkapnya untuk proses expor dari Z-10 dan impor ke GMail Contacts adalah sbb:

1. Sambungkan Z-10 via kabel USB ke laptop Windows 7 dan jalankan aplikasi Blackberry Link
2. Klik pada perangkat Z-10 "Contacts/Calendar" dan "Configure"

3. Pilih "Windows Contact" dan "OK"
4. Pilih check-box seperti pada gambar di bawah dan jalankan "Sync Contacts/Calendar"


5. Kemudian klik "Start" dan masukkan command "contacts"



6. Hasil Sync-nya akan dapat dilihat sebagai sekumpulan file Contact di directory Windows. Kemudian klik di "Export" seperti pada gambar, pilih jenis file "CSV", dan tentukan nama file dan lokasinya.


7. Masuk ke aplikasi GMail dan pilih Contacts
8. Lakukan import dengan klik di "More" - "Import", pilih file CSV

Dengan masuknya semua Contacts dari Z-10 ke Contacts dari GMail maka otomatis di Android dapat digunakan sebagai Contacts kita.


(Tangsel, 8mar14)