Friday, January 4, 2013

Cara Mudah Scan Dokumen dengan Gadget Android Jellybean

Mobile mobile dan mobile adalah tuntutan yang kita hadapi dalam pekerjaan yang perlu kecepatan sementara keadaan jalan semakin macet.
Kombinasi dari kamera yang umum tersedia pada gadget, editor gambar, email client (gmail, dll) dan koneksi internet adalah kesatuan yang sangat mendukung kita dalam mobilitas yang tinggi.
Berikut ini cara mudah dan sederhana untuk scan dokumen yang sering kita butuhkan, contoh dengan gadget Android Jellybean:

1. Langkah pertama adalah memfoto dokumen dengan aplikasi kamera, usahakan dengan pencahayaan yang cukup dan posisi kamera tegak lurus di tengah-tengah dokumen. Jika pencahayaan sekitar kurang maka dapat digunakan lampu kamera (flash), tetapi miringkan kamera sedikit untuk menghindari pantulan cahaya yang dapat memutihkan tulisan / gambar pada dokumen.


2. Gunakan editor foto untuk melakukan cropping (pemotongan) jika diperlukan, dan untuk mengubah gambar menjadi hitam/putih untuk mengecilkan ukuran file sehingga cepat proses pengirimannya melalui email. Di Android Jellybean cukup gunakan aplikasi Gallery yang tersedia untuk membuka foto hasil kamera dan kemudian lakukan Edit, seperti gambar berikut untuk cropping dan ubah ke hitam/putih.



3. Gunakan email client (contoh gmail) dengan melampirkan foto yang telah diedit tersebut untuk mengirimkannya sebagai hasil scan dokumen.

4. Jika ada beberapa halaman, cukup diulang prosesnya sementara pengiriman dapat dilakukan bersamaan dengan sekaligus melampirkan semua foto dokumen tsb.  Selesai.

(jkt 4jan12)