Friday, January 18, 2013

Mencoba Tes Baca Chip e-KTP, SIM DKI dan e-Toll dengan NFC - Android

Contactless Smartcard atau kartu pintar nir-sentuh semakin banyak digunakan sebagai media penyimpanan identitas dan data pengguna pada kartu plastik. Kelebihan kartu nir-sentuh ini adalah ketahanannya karena pengiriman data tidak menggunakan kontak fisik (kontak metal) secara langsung melainkan melalui gelombang radio (RF) tanpa sentuhan. Di Indonesia yang sudah banyak tersebar di masyarakat tentu saja adalah ratusan juta e-KTP (KTP Elektronik), jutaan SIM (Surat Izin Mengemudi) khususnya yang diterbitkan oleh Polda Metro Jaya, ribuan e-Toll Jasamarga, dan sejumlah kartu-kartu keanggotaan (membership card) lainnya.



Masing-masing kartu tersebut tentunya punya tingkat pengamanan yang berbeda, juga kebijakan tentang data apa saja yang terekspose secara terbuka dan data lainnya yang terlindungi yang hanya bisa dibaca bila menggunakan kunci (key) tertentu. Data saldo rupiah di dalam chip e-Toll Jasamarga pastinya terlindungi dan hanya bisa dibaca, ditambah / dikurangi jika menggunakan kunci khusus yang hanya dimiliki / diketahui oleh Jasamarga yang telah terpasang pada setiap alat baca / tulis smartcard-nya (alat reader) yang ada di gardu toll dan agen-agen penjual /distribusi yang telah mereka tunjuk. Demikian juga pada e-KTP, tentunya data penduduk (termasuk biometrik sidik jari) yang tersimpan di dalam chip kartu pastinya dilindungi dengan kunci yang hanya dimiliki oleh Kementerian Dalam Negeri RI yang akan dipasang pada alat reader yang diizinkan oleh Kementerian tersebut.

Mencoba tes baca chip e-KTP, SIM DKI dan e-Toll dapat dilakukan dengan reader smartcard atau secara sederhana memanfaatkan fitur NFC (near field communication) pada gadget / smartphone Android seperti Samsung Galaxy Nexus, Galaxy S3, HTC One X, LG Optimus 4X, dll. Aplikasi di playstore yang bisa digunakan antara lain adalah "Taginfo", "NFC TagExplorer", dsb. Karena kita menggunakan perangkat reader umum tanpa kunci (key) maka yang terbaca hanyalah yang terbuka / terekspose secara publik seperti pada gambar berikut ini. Hasil pembacaan berikut menggunakan perangkat Galaxy Nexus, dimana cara membacanya adalah dengan menjalankan aplikasi Android-nya dan kemudian menempelkan / mendekatkan kartu e-KTP / SIM / e-Toll ke bagian belakang dari gadget / smartphone tersebut. Dalam beberapa detik data dapat dibaca seperti gambar berikut.
Pembacaan dengan NFC reader dari:  Kiri: kartu e-KTP  -  Tengah: kartu e-Toll -  Kanan: kartu SIM

(Tangsel 18jan13)