Thursday, January 10, 2013

Mencoba Review Samsung Galaxy Nexus

Mencoba review Samsung Galaxy Nexus, gadget / smatphone yang dirancang oleh Google ini diproduksi oleh Samsung dan telah diluncurkan sejak beberapa bulan lalu. Yang membuat ketertarikan dengan gadget ini adalah harganya yang cukup murah (sekitar 3,7 juta-an) dibandingkan dengan Samsung Galaxy S3 (6,5 jutaan), sementara perbandingan spesifikasi teknisnya adalah:
- ukuran layar 4,65 inci berbanding 4,8 inci, keduanya menggunakan Super Amoled,
- processor dual core 1,2GHz berbanding quad core 1,4GHz,
- memori sama-sama 1 GByte,
- batere 1750 mAh berbanding 2100 mAh,
- kamera belakang (dengan flash) 5 mpixel berbanding 8 mpixel.



Secara spesifikasi teknis semuanya ada di bawah S3, kelebihan Galaxy Nexus hanyalah sistem operasi yang sudah menggunakan Android Jellybean 4.1 dibandingkan dengan Android Ice Cream Sandwhich 4.0 pada Galaxy S3. Jellybean terasa lebih responsif dan halus dibandingkan ICS pada spesifikasi teknis hardware yang sama.

Menurut pengalaman saya untuk aplikasi-aplikasi yang umum seperti Office (dengan Kingsoft Office), Gmail, browser dengan Chrome, Facebook, Yahoo Messenger, WhatsApp, Instagram, Google Maps, Google Earth, Voice Assistant cukup responsif dan sudah sangat memadai.
Kekurangan yang dirasakan pada Galaxy Nexus adalah kapasitas batere yang "hanya" 1750 mAh menyebabkan batere cepat terkuras, dengan pemakaian normal (cenderung rendah sebagai gadget kedua) untuk menelepon, sms dan internet maka isi batere penuh di pagi hari akan terkuras memasuki malam hari.
Selain itu body plastik-nya terasa cukup hangat ketika dipakai aktif browsing cukup lama (puluhan menit), terutama terasa ketika telinga menempel ke speaker di body-nya sewaktu berbicara / ber-telepon.
Kesimpulannya jika mencari smartphone Android yang cukup murah namun unjuk kerja yang mumpuni dan layar yang lebar + Jellybean maka Galaxy Nexus adalah solusinya, dengan sedikit kelemahan yang disebutkan sebelumnya.
Tambahan kecil, bodi plastik (casing) belakang yang tidak licin (dibuat agak bergerigi) membuat genggaman tangan lebih mantap.

(Jkt 10jan13)