Tuesday, January 29, 2013

LINE: Mengapa pesan "The max limit of searches has been exceeded. id search is temporarily unavailable"

Aplikasi messenger LINE (dari Aver) yang tersedia pada platform Android, iOS, PC dan Mac semakin populer karena dapat digunakan untuk bertukar pesan teks, gambar dan telepon sesama pengguna secara gratis pada lintas platform tersebut. Kalau aplikasi Whatsapp menggunakan nomor handphone sebagai identitas, di LINE menggunakan user-id yang kita tentukan saat pendaftaran. Sedangkan nomor handphone diminta oleh LINE hanya untuk validasi saja. Secara umum aplikasi ini cukup menarik karena adanya Sticker (perluasan dari emoticons) yang tersedia gratis maupun yang berbayar.

Cara pembatasan untuk pencarian id (untuk add friend / menambah teman) secara sembarangan dilakukan oleh LINE, sehingga bagi yang mencoba-coba tambah (add) teman dengan fasilitas "Search by id" yang beberapa kali salah akan dikategorikan sebagai penyalahgunaan dan untuknya dilakukan pembatasan dengan pesan:
"The max limit of searches has been exceeded. id search is temporarily unavailable"

Pembatasan ini, dimana fungsi "Search by id" dinon-aktifkan, akan diterapkan selama satu jam saja, dan setelah itu bisa digunakan kembali ... Cara yang cukup cerdas untuk membatasi user yang mau coba-coba tambah user-id secara sembarangan yang tidak dia kenal ...
Referensi: http://line.naver.jp/help/iphone/en/categoryId/10193

(Jkt 29jan13)