Friday, April 22, 2011

Apa itu Sertifikat dan Chip Arowana Super Red

Arowana Super Red, bahasa Latin-nya Scleropages Formosus, merupakan salah satu jenis ikan arowana yang paling digemari sekaligus bernilai (uang) yang tinggi karena dianggap dapat menghilangkan stress, membawa keberuntungan dan merupakan simbol status seseorang. Bagi penulis sendiri yang khusus dari Arowana super red adalah keindahan bentuk, warna, dan gerakan gemulai dan sisik-sisik-nya yang menghanyutkan ...
Ikan ini termasuk hewan yang dilindungi oleh Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITIES) sejak tahun 1975 sehingga peredarannya harus sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah ditentukan oleh konvensi tersebut.
Salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan bagi penggemar Arowana Super Red ini adalah kejelasan asal-usul ikan tersebut, yang ditandai dengan adanya sertifikat yang dikeluarkan oleh Balai Konservasi Sumber Daya - Departemen Kehutanan.
Contoh dari sertifikat tersebut dapat dilihat pada gambar berikut.

Tampak depan sertifikat Arowana Super Red
Keterangan ikan pada sertifikat Arowana Super Red, dilengkapi dengan chip

Dengan adanya sertifikat tersebut maka pemeliharaan dan kepemilikan ikan arwona telah sah dan tidak melanggar kaidah perlindungan hewan. Chip (lihat pada gambar di atas) yang diberikan pada saat pembelian dapat di-implant ke arowana pada saat ukurannya sudah cukup besar. Chip tersebut berisi data-data dan riwayat arowana yang dapat dibaca dengan perangkat chip reader saat diperlukan. Dengan demikian investasi yang kita keluarkan terlindungi pada saat ingin diperjualbelikan, diekspor sekalipun.


(TangSel 22apr11)