Saturday, April 23, 2011

Apakah Pertamax Lebih Irit dari Bensin Biasa ?

Pemerintah Indonesia berencana untuk membatasi penggunaan premium (bensin) bersubsidi dalam waktu dekat ini. Melihat keadaan tersebut mulai banyak masyarakat yang beralih atau mengganti mobilnya dengan mobil-mobil berkapasitas mesin yang lebih kecil, hal ini terlihat dari mobil-mobil kecil baru yang semakin laku dan juga mobil bekas yang dikenal irit semakin diburu.
Perbedaan harga antara pertamax (dengan oktan 92) dan premium (dengan oktan 88) saat tulisan ini dibuat (April 2011) sangat besar yaitu Rp 8600 per liter dibandingkan Rp 4500 per liter untuk premium. Apakah dengan oktan 92 ini lantas membuat mesin lebih bertenaga dan lebih irit ? Apakah Pertamax lebih irit dari bensin biasa dengan mobil yang sama ?

Pertanyaan ini coba dijawab dengan melakukan tes langsung menggunakan mobil Nissan Grand Livina 2007, pertama digunakan premium kemudian beberapa minggu kemudian setelah beralih ke pertamax dengan berulang kali pengisian ulang kembali dilakukan pengetesan. Pengetesan dilakukan tanpa melakukan penyetelan (tune-up)  pada mesin ketika beralih ke pertamax, jadi apa adanya.
Gambar pertama berikut ini adalah kecepatan yang diperoleh 100 km/jam pada RPM (putaran mesin per menit) 3000, pada posisi gigi 5 dan jalan tol datar dengan bahan bakar premium. Sedangkan gambar kedua adalah kecepatan yang diperoleh 110 km/jam pada RPM 3000, pada posisi gigi 5 dan jalan tol datar dengan bahan bakar pertamax.

Nissan Grand Livina dengan Premium pada RPM 3000, kecepatan 100 km/jam

Nissan Grand Livina dengan Pertamax pada RPM 3000, kecepatan 110 km/jam
Dari hasil pengetesan seperti terlihat di atas bahwa dengan menggunakan pertamax diperoleh kecepatan yang lebih tinggi yakni 110 km/jam berbanding 100 km/jam dengan premium untuk RPM yang sama-sama 3000. Memang terbukti bahwa dengan angka Oktan yang lebih tinggi yakni 92 berbanding 88 menghasilkan tenaga yang lebih besar dan output kecepatan yang lebih tinggi pada RPM yang sama.
Apakah dapat disimpulkan dengan Pertamax diperoleh efisiensi yang lebih tinggi 10%, dari 110 km/jam berbanding 100 km/jam ? Untuk itu perlu pengukuran dengan faktor-faktor lainnya yang lebih akurat dan komprehensif.
Yang pasti adalah penggunaan Pertamax lebih irit dibandingkan dengan bensin biasa (Premium).


(TangSel 23apr11)