Sunday, April 24, 2011

Cara Mencharge (mengecas) iPad dengan USB dan Perhitungan Daya-nya

Apple iPad termasuk perangkat yang memerlukan daya cukup besar untuk beroperasi. Apakah port USB bisa mencharge iPad ?

Sebagai gambaran bahwa dengan batere Lithium-Polymer iPad yang berkapasitas 25 watt-jam, iPad bisa digunakan kurang lebih 10 jam.  Artinya iPad butuh daya untuk bekerja sekitar 25 watt-jam / 10 jam = 2,5 watt. Untuk mengecas batere iPad sampai penuh diperlukan waktu sekitar 5 jam, artinya memerlukan daya 25 watt-jam / 5 jam = 5 watt untuk pengisian cepat batere.
Jadi untuk mengoperasikan iPad dan sambil mengecas baterenya butuh daya sekitar 2,5 watt + 5 watt = 7,5 watt. Cukup besar, inilah alasannya mengapa charger external iPad berkapasitas 10 watt ... sementara USB laptop rata-rata hanya bisa menyediakan arus 500 mA yang bila dikonversikan menjadi sekitar = 5 volt (tegangan di port USB) x 500 mA = 2,5 watt.
Makanya tidak heran bahwa ketika iPad dihubungkan ke laptop via USB muncul tulisan "No Charging" pada bagian kanan atas iPad, karena port USB tidak sanggup memberikan daya 7,5 watt ke iPad sesuai hitungan di atas, artinya iPad bekerja tetap menggunakan baterenya sekalipun terhubung ke USB.

Tetapi bila iPad dalam posisi standby (sleep mode) dan kabel USB tersambung maka daya 2,5 watt yang tersedia pada port USB cukup untuk mencharge batere iPad. Untuk mengisi batere iPad secara penuh dengan daya tersebut perlu waktu sekitar 25 watt-jam / 2,5 watt = 10 jam.
Jadi kesimpulannya bahwa kita bisa mencharge iPad via USB selama iPad dalam posisi standby (sleep mode), sekalipun lama tetapi lumayan untuk mengurangi beban membawa charger external dan  dalam keadaan kepepet bisa numpang ngecas di USB ...


(TangSel 24apr11)