Saturday, April 9, 2011

Cara Mengaktifkan Gestures pada iPad

Apple baru saja merelease sistem operasi iPad IOS versi 4.3.1 setelah sebelumnya versi 4.2. Update ini cukup cepat dikeluarkan, kenapa cepat sekali ya ?

Seperti biasa untuk mengupgrade IOS-nya iPad cukup lewat iTunes di Windows. Ukuran file yang perlu didownload untuk IOS versi 4.3.1 ini adalah sekitar 530 Mbyte, lumayan besar dan butuh waktu cukup lama dengan download lewat link internet, apalagi internet-nya kurang cepat :-(

Ada beberapa fitur baru yang ditambahkan pada IOS 4.3 ini seperti multitasking, password untuk mengaktifkan iPad, gestures, mengunci layar supaya tidak berputar otomatis, dll. Bagaimana cara mengaktifkan gestures pada iPad ?

Setting - General: Passcode & Lock rotation
Fitur berikut sudah aktif dengan sendirinya setelah upgrade ke 4.3 ...
- Untuk mengatur password aktivasi dapat diatur pada menu iPad "Setting - General - Passcode".
- Untuk mengatur layar supaya terkunci atau tidak berputar ketika iPad berputar dapat diatur pada menu iPad "Setting - General - Lock Rotation" dan aktifkan tombol switch "mute" dengan cara digeser, dengan aktivasi "Lock Rotation" tsb maka fungsi "mute" menjadi hilang. Hal ini sering kita perlukan sewaktu bekerja pada posisi iPad mendatar yang bisa salah dideteksi oleh iPad.


Tutup aplikasi iPad: mengatupkan ibu jari ke 4 jari lainnya
Fitur yang paling menarik tentu saja adalah fitur gestures-nya, dengan fitur ini kita tidak perlu menekan tombol "Home" setiap kali mau keluar dari suatu aplikasi melainkan cukup dengan mengatupkan 4/5 jari (menggerakkan ibu jari merapat ke 3/4 jari yang lainnya).

Kemudian untuk pindah ke aplikasi lain (multi-tasking) juga bisa dilakukan dengan men-"swipe" atau menyapukan 4 jari ke arah kiri atau kanan ...
Fitur gesture ini sebenarnya belum diaktifkan oleh Apple pada iPad 4.3 karena masih dalam ujicoba. Tetapi kalau  penasaran mau mencoba silahkan lho... no harm! ... caranya mengaktifkannya seperti diuraikain di bawah ini.
Pindah ke aplikasi lain: dengan swipe 4 jari














Khusus untuk pengguna Mac, mengaktifkan gestures ini dilakukan dengan melalui xCode di Mac, kemudian mengaktifkannya pada menu iPad "Setting - General - Gestures".

Sedangkan bagi pengguna Windows - iTunes agak tricky dan ada sedikit kerumitan dalam mengaktifkannya ... Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Aplikasi tambahan dan pra-kondisi yang diperlukan:
1. iPad dengan IOS 4.3
2. iTunes versi 10 di Windows
3. Install aplikasi iBackupBot yang salah satunya bisa didownload dari http://www.filebuzz.com/fileinfo/60679/iBackupBot_for_iTunes.html
iPad dengan IOS 4.3.1 dan iTunes 10

Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Backup iPad pada Windows iTunes dengan cara: pada iTunes klik kanan pada device iPad dan pilih "Back Up"
Klik kanan pada device - iPad & Back Up
2. Setelah proses backup selesai, jalankan aplikasi iBackupBot di Windows, kemudian klik pada pilihan "iPad" dan cari file  "Library/Preferences/com.apple.springboard.plist"
Tampilan iBackupBot pada Windows
3. Klik dua kali pada file tersebut "Library/Preferences/com.apple.springboard.plist" dan tambahkan dua baris ini (lihat seperti pada gambar di bawah), tanpa ada spasi setelah:
     < key>SBUseSystemGestures< /key>
     < true/>



Tambahkan dua baris perintah di atas
4. Kemudian save perubahan file tersebut dan kemudian tekan tombol "Restore" (lihat gambar di bawah) untuk merestore  hasil backup yang telah dimodifikasi tersebut kembali ke iPad.

.
Klik ikon untuk Restore ke iPad
Akan muncul dialog berikut, dan jawab "Yes"


Setelah proses Restore selesai, perangkat iPad akan melakukan proses booting secara otomatis. Setelah iPad selesai booting maka fitur Gestures sudah bisa digunakan karena aktif secara otomatis.
Jadi berbeda dengan pengguna Mac, dalam hal Windows tidak perlu mengaktifkannya di "Setting - General" karena memang opsi ini tidak ditambahkan kesana. Jadi sekali modifikasi ini dilakukan akan aktif terus, kecuali isi file tersebut di atas ("Library/Preferences/com.apple.springboard.plist") dikembalikan lagi ke seperti semula.

Selamat mencoba ...

Untuk petunjuk dalam format video bagaimana cara mengaktifkan gestures pada iPad bisa dilihat pada link ini:
http://www.youtube.com/watch?v=EEEpPMkTkMI&feature=related



(TangSel 9apr11)