Monday, June 4, 2012

Mematikan (Disable) Mouse - Touch Pad pada Laptop - Notebook HP Probook 4230

 Mematikan (Disable) Mouse - Touch Pad pada Laptop - Notebook HP Probook 4230

Mouse pad atau touch pad bawaan dari laptop / notebook yang sudah terpasang dari pabrik seringkali terlalu sensitif pada sentuhan tangan kita. Hanya tersenggol sedikit saja dapat dianggap sebagai klik, sehingga ketika bekerja pada suatu aplikasi dengan menggunakan keyboard, seperti mengetik pada aplikasi Word atau aplikasi-aplikasi lainnya, secara tidak sengaja posisi kursor berpindah ke lokasi lain yang mengacaukan pengetikan. Hal ini sangat mengganggu dan menurunkan produktivitas kita tentu saja ...


Untuk mematikan fungi mouse - touch pad ini dapat dilakukan dengan cara berikut ini.
1. Menginstal aplikasi "Synaptics Pointing Device" jika belum terpasang, dapat didownload dari website HP. Setelah diinstalasi biasanya diminta untuk restart sistem.
2. Mematikan (disable) mouse dengan menjalankan aplikasi Synaptics tersebut yang akan memberikan tampilan berikut ini. Lampu kecil pada sudut kiri - atas touch pad akan menyala ketika mouse di-disable.
Cara lain untuk menon-aktifkan touch pad adalah dengan sentuh (klik) dua kali pada posisi kiri - atas touch pad. Demikian juga untuk mengaktifkan kembali cukup dengan klik dua kali pada posisi kiri - atas tersebut.

Sebagai catatan bahwa hal ini tidak akan mempengaruhi mouse eksternal. Karena mouse eksternal dikendalikan dari Control Panel - Device Manager - Mice and other pointing devices untuk mengaktifkan atau men-disable.


(TangSel 4Jun12)