Thursday, June 14, 2012

Perkembangan Kendaraan Mobil Listrik Dunia dan Indonesia

Perkembangan Kendaraan Mobil Listrik (Electric Vehicle - EV) Dunia dan Indonesia

Dengan menurunnya cadangan minyak dunia dan melambungnya harga minyak semakin mendorong para peneliti dan pabrikan untuk berlomba menciptakan kendaraan dengan bahan bakar atau sumber daya alternatif. Sebagian melakukannya dengan kombinasi dengan mesin lama dengan bahan bakar minyak, yang disebut hybrid. Alternatif sumber daya tersebut antara lain seperti penggunaan hidrogen (yang sangat berlimpah di alam), daya listrik, daya tekanan angin, dsb. Di sisi lain mobil hibrid harganya mahal karena menggunakan 2 jenis mesin yang berbeda sehingga sulit untuk menekan harga jualnya, sehingga di negara maju pemerintahnya memberikan insentif untuk menekan harga jual ke konsumen.

Akhir-akhir ini yang paling menonjol adalah perkembangan kendaraan / mobil listrik, beberapa catatan sejarah berikut ini menggambarkan kemajuan tersebut ...

Sekilas tentang mobil listrik
Diagram mobil listrik (http://zebu.uoregon.edu/2001/ph162/l8.html)


Diagram dari mobil listrik dapat dilihat pada gambar sebelah ini. Dimana daya listrik dari "charger" disimpan ke dalam batere. Ketika kita menekan pedal gas maka daya listrik dari batere diatur oleh "controller" untuk disalurkan ke "motor" yang mengubah daya listrik menjadi daya mekanis untuk memutar roda dan mendorong kendaraan. Ketika kita menekan rem maka "controller" mengatur supaya daya putar dari roda digunakan untuk memutar motor / dinamo yang  menahan laju kendaraan, dan sebaliknya dengan berputarnya dinamo ini akan membangkitkan listrik yang digunakan untuk mengisi batere (biasa disebut regeneratif brake). Dengan demikian daya pengereman tidak sepenuhnya terbuang menjadi panas pada tromol / cakram rem kendaraan, tetapi sebagian termanfaatkan untuk diubah menjadi listrik untuk mengisi batere.
Situs web Chevrolet Volt (mobil Hibrid: listrik dan mesin bakar) menampilkan angka yang menarik untuk disimak yang menunjukkan jumlah jarak mobil tersebut menggunakan batere (listrik) dan jumlah total jarak tempuh, seperti pada gambar berikut ini.
Jarak tempuh Chevrolet Volt
Pada situs web tersebut ditunjukkan bahwa sampai dengan tanggal 22 Juni 2012 jumlah total jarak tempuh semua mobil Chevrolet Volt yang dapat dimonitor adalah 80.378.419 mil atau setara 128 juta km, dimana 49.953.784 mil atau setara 79 juta km diantaranya menggunakan tenaga listrik dari batere. Dengan asumsi 1 liter dapat menempuh jarak 8 km maka pada kondisi tersebut terjadi penghematan 2.658.404 galon bahan bakar atau setara 10 juta liter bahan bakar.

Angka penghematan bahan bakar fosil yang cukup besar ini cukup menunjukkan penghematan besar yang dapat dilakukan dengan penggunakan hibrid, apalagi bila menggunakan hanya tenaga listrik.

Kendala utama mobil saat ini adalah lamanya pengisian batere yang rata-rata masih > 3 jam dan harga batere yang saat ini masih tinggi pada kisaran 500-600 dollar per kWh. Harga batere saja, misalnya untuk 20 kWh sudah lebih kurang 10.000 dollar atau setara 95 juta rupiah sendiri !


Catatan sejarah yang berkaitan dengan mobil listrik (electric vehicle - EV) antara lain:

1. Tahun 1800: Alessandro Volta membuat batere listrik pertama, cikal bakal dari elektrokimia yakni membangkitkan listrik dari bahan kimia
2. Tahun 1831: Michael Faraday dan Joseph Henry membuat motor listrik eksperimental pertama, awal dari alat pengubah daya listrik menjadi daya mekanis
3. Tahun 1830-an: Sejumlah peneliti bereksperimen dengan kendaraan listrik pertama
4. Tahun 1836: John F. Daniell mengembangkan batere yang menghasilkan daya listrik yang stabil.
5. Tahun 1859: Gaston Planté membuat batere yang dapat diisi ulang yang menggunakan bahan kimia asam sulfat, dan masih digunakan secara luas hingga saat ini.
6. Tahun 1912: Penelitian awal dari batere kering dengan bahan Lithium oleh G.N. Lewis.
7. Tahun 1932: Golf Cart (kendaraan golf) pertama yang menggunakan tenaga listrik dibuat oleh JK Wadley.
8. Tahun 1990-an: U.S. 1990 Clean Air Act Amendment, the U.S. 1992 Energy Policy Act. Tentang pengurangan penggunaan bahan bakar minyak dan pengetatan emisi gas buang kendaraan.
9. Tahun 1991: Sony Corporation menjual batere Lithium-ion secara komersial pertama kali.
10. Tahun 1997: Mobil hybrid Toyota Prius, menggunakan listrik dari batere dan mesin bakar minyak, baterenya menggunakan Lithium-ion. Batere akan diisi ketika mesin (minyak) hidup dan ketika terjadi pengereman.
11. Tahun 2008: Mobil hybrid Toyota Prius terjual sebanyak 1 juta unit di seluruh dunia
12. Tahun 2010: Akhir tahun 2010 mobil hybrid Chevrolet Volt dijual secara komersial, menggunakan listrik dari batere Lithium-ion 16 kWh yang mampu menempuh 56 km sekali diisi penuh dan mesin bakar minyak. 
13. Tahun 2012: Mobil listrik Nissan LEAF dijual secara komersial pertama kali di Amerika Serikat pada Februari 2012, mobil ini sepenuhnya menggunakan tenaga listrik dari batere Lithium-ion berkapasitas 24 kWh dengan waktu isi ulang sekitar 7-an jam, batere juga akan terisi dari efek pengereman yang menggerakkan dinamo listrik, jarak tempuh dengan sekali pengisian adalah 160 km.
14. Tahun 2012: Mobil listrik Ford Focus Electric dijual secara komersial di Amerika pada bulan Mei,  menggunakan batere Lithium-ion 23 kWh yang mampu menempuh 160 km untuk sekali pengisian. Ford mengklaim bahwa waktu pengisian baterenya hanya setengah waktu yang dibutuhkan di Nissan Leaf, yaitu cukup 3 - 4 jam saja.
15. Tahun 2012: Pada Juni 2012 Nissan Corp mengklaim penemuan bahan kapasitor dari Tungsten Oxide dan Vanadium Oxide sebagai pengganti bahan karbon yang dapat diisi dalam waktu hanya 10 menit ! Penemuan ini akan mempercepat penggunaan mobil listrik, karena salah satu kelemahan yang ada saat ini adalah lamanya waktu pengisian batere yang masih berjam-jam.
16. Tahun 2012: Tanggal 12 Juni 2012 pabrikan Daimler memulai produksi massal mobil listrik Smart ForTwo,  dengan motor listrik 55kW mampu menempuh 0 - 60 km/jam dalam 4,8 detik dan kecepatan maksimum 125 km/jam. Meggunakan batere berkapasitas 17.6 kWh memungkinkan jarak tempuh 145 kilometer di dalam kota, atau kurang lebih 15.1 kWh/100 km.
17. Tahun 2012: Tanggal 21 Juli 2012 Mobil listrik Honda Fit EV diserahkan kepada penyewa pertama di California dengan biaya sewa U$389 per bulan dengan masa kontrak 3 tahun (setara tiga setengah juta rupiah per bulan). Honda Fit EV ini berkapasitas batere 19.8 kWh, waktu pengisian cepat 3 jam  dengan jarak tempuh 131 km.


Perkembangan mobil listrik Indonesia: 

1. Tahun 2012: Mobil listrik e-Car Indonesia dikembangkan oleh Dasep Ahmadi, rencananya prototipe  akan diserahkan kepada menteri dan presiden RI, yang sangat mendorong usaha ini, pada bulan Agustus 2012. Semoga berhasil ...
Indonesia's First Electric Car
2. Tahun 2012: Pada tanggal 16 Juli 2012 Menteri Negara BUMN RI (Bp Dahlan Iskan) melakukan uji coba pertama mobil listrik "Ahmadi" dengan mengendarainya dari Depok ke kantor BPPT di Jl Thamrin - Jakarta. Berdasarkan pemberitaan bahwa kapasitas batere lithium-ion (36 buah) yang dipakai adalah 21 kWh dan waktu pengisian sekitar 5 jam, diperkirakan mampu menempuh 130 km sekali pengisian penuh.


(Tangsel 14may12, 23Jul12)