Monday, June 25, 2012

Membuat Pembangkit Listrik dengan Sepeda Statis

Membuat Pembangkit Listrik dengan Sepeda Statis ditujukan untuk eksperimen pembangkitan listrik yang digunakan untuk mengisi batere (yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan) sambil berolah-raga sepeda statis. Ide ini dicoba direalisir dengan menggunakan sepeda biasa yang dimodifikasi menjadi sepeda statis, dimana putaran dari kayuhan kaki yang aslinya untuk menggerakkan roda belakang sepeda akan dialihkan menjadi putaran pada generator listrik menggunakan alternator mobil.
Alternator mobil menghasilkan tegangan 13,5 - 14,4 volt listrik arus searah (DC) ketika putarannya mencapai 2000 rpm (putaran per menit) atau lebih, dengan arus yang dihasilkan bisa mencapai 30 ampere atau lebih.
Sementara itu putaran kayuhan sepeda yang normal (cukup cepat) adalah sekitar 70 rpm. Untuk meningkatkan putaran kayuhan yang rendah tersebut, hanya 70-an rpm, menjadi 2000-an rpm maka dibutuhkan rasio transmisi (perbandingan gir) yang cukup besar yakni 2000 dibagi 70 atau sekitar 30:1, seperti digambarkan berikut ini.
Rasio Gir 30:1
Pada eksperimen ini perlu dicoba seberapa besar tenaga kayuhan yang dibutuhkan untuk menghasilkan daya listrik keluaran.
Tunggu info selanjutnya ...

(Tangsel 25jun12)