Thursday, March 31, 2011

Apa itu MySql ERROR: 1064 (42000) You have an error in your SQL syntax

Seringkali kita dimabukkan dengan pesan error yang kita yakini tidak salah dan biasa kita lakukan ... Ooops bisa bikin kesel dan senewen!
Misalnya kita mau restore dump database:

mysql> mysql -u root -ppwd userdb < db.sql;
ERROR 1064 (42000): You have an error in your SQL syntax; check the manual that
corresponds to your MySQL server version for the right syntax to use near 'mysql
 userdbase < database.sql' at line 1

Dicoba berulang-ulang error terussss ... 30 menit 45 menit ...

Google sana-sini gak keruan ... baru nyadar posisi prompt-nya ada di "mysql>" ;-) ha-ha-ha ...


Setelah nyadar ... mestinya kan shell prompt bukan di mysql ... ini baru benar di C:\ prompt:

C:\Program Files\MySQL\MySQL Server 5.1\bin>mysql -u root -ppwd userdb < db.sql

Semoga bermanfaat ...

Monday, March 28, 2011

Apakah Go Green Itu ?

Apakah Go Green Itu ?

Go green, gerakan atau ajakan yang makin populer saat ini seiring kesadaran banyak orang untuk lebih menghargai dan memelihara alam tempat mereka hidup.

"Green" disamping arti harafiahnya hijau juga diartikan sebagai:
(G) Generate compost. Pembentukan kompos, yang merupakan proses alami dalam mendaur ulang. Kita diajak untuk belajar ekologi, biologi, dan pengurangan limbah.
(R) Recycle everything. Mendaur ulang segala sesuatu yang tidak bisa digunakan kembali, dan membeli barang keperluan yang bisa didaur ulang. Seperti kertas, plastik, aluminium, kartu tinta printer, dll. Dalam rangka mengurangi emisi gas rumah kaca dan beracun dan penghematan energi.
(E) Educate students, teachers and parents. Mengedukasi pelajar, guru, dan para orangtua untuk bertindak secara bertanggung jawab pada lingkungan hidup. Ketika pelajar, guru dan orangtua terbiasa bekerja sama dalam menjadikan sekolah mereka ramah lingkungan, maka diharapkan kebiasaan yang sama tertular ke lingkungan tempat tinggal mereka di luar sekolah.
(E) Evaluate the environmental impact of every activity. Mengevaluasi akibat dari setiap aktifitas terhadap lingkungan. Mengidentifikasi produk-produk dan perilaku yang dapat membahayakan kesehatan anak dan lingkungan sekeliling mereka.
(N) Nationalize the principles of responsible paper consumption. Mengkampanyekan secara nasional penggunaan kertas dengan cara yang bertanggung jawab, dengan menggunakan media teknologi seperti internet sebanyak mungkin. Sebagai gambaran bahwa 1 ton kertas memerlukan penebangan 17 buah pohon besar !

Beberapa rekaman foto berikut ini perlu kita pakai untuk refleksi dalam hidup keseharian kita yang juga mungkin bisa kita lakukan, mulai dari sekarang!

Hutan (warna hijau pekat) semakin berkurang di Sumatera utara ... Mari hijaukan lagi !
Pohon ini telah hidup puluhan (ratusan) tahun, kita yang harus mengalah

Kaderisasi pohon untuk kesinambungan kota hijau

Membangun kota boleh-boleh saja, tapi hutan tetap terpelihara (Penang)
Rumah - villa merambah hutan ... hentikan! (Puncak Bogor)
Seandainya hutan bakau ini lebih luas lagi ... (Pantai utara Jakarta)


Gedung boleh-boleh saja, tapi sediakan juga tempat tanaman (Landmark - Jakarta)
Air air air, mari menabung air dan tidak buang sampah sembarangan!

Saturday, March 19, 2011

Apa itu Beras, Sayuran, Makanan dan Pertanian Organik

Seringkali kita mendengar istilah bahan makanan seperti beras dan sayuran yang disebut organik. Apakah maksud dan kriteria organik ini ?

Pengertian organik disini adalah kembali ke alam atau proses penanaman (pertanian) yang alami dan higienis dengan menjaga keseimbangan alam, mulai dari proses pembibitan sampai dengan panen dan pengemasannya. Pertaninan organik itu bebas dari pestisida, pewarna dan bahan kimia lainnya yang tidak baik untuk kesehatan kita.

Berdasarkan definisi USDA (US Department of Agriculture), pertanian organik adalah:
"Pertanian yang meniru proses ekosistem alamiah yang menyeimbangkan antara hama dan populasi organisme yang menguntungkan dan menjaga kesuburan tanah."


Beberapa kelebihan produk pertanian organik:
1. Karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia maka kita bebas dari kemungkinan pengaruh buruk bahan beracun seperti pestisida dan pupuk kimia.
2. Produk yang segar memberikan lebih vitamin-vitamin, mineral-mineral, enzim-enzim dan nutrisi mikro lainnya dibandingkan dengan non organik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk organik mengandung mineral 50% s/d 100% lebih banyak, dan serat 25% lebih banyak.
3. Dengan mengkonsumsi produk organik maka kita terhindar dari makanan yang telah mengalami modifikasi genetika.
4. Dengan mengkonsumsi produk organik maka kita terhindar dari makanan yang mengandung antibiotik, obat-obat pertumbuhan, obat anti parasit, dan jenis-jenis obat lainnya.
5. Produk organik lebih nikmat rasanya.
6. Dengan berkembangnya pertanian organik maka penggunaan pestisida akan berkurang, sehingga efek buruk pestisida terhadap lingkungan juga ikut berkurang
7. Pertanian biasa dapat membahayakan kesehatan petani pekerjanya karena mereka terpapar langsung dengan bahan beracun pestisida, herbisida dan pupuk kimia.

Pengamatan saya bahwa mulai banyak petani dan kelompok tani yang bergiat dalam pertanian organik di daerah-daerah, terutama di Jawa. Yang menarik dari kegiatan pertanian ini adalah cara bertani yang kembali ke cara-cara jaman dulu, seperti menggunakan air yang bersih, pupuk yang berasal dari alami seperti kotoran sapi, kerbau atau binatang piaraan lainnya, penangkalan hama dengan menggunakan binatang predatornya, melakukan rotasi jenis tanaman untuk mempertahankan struktur tanah dan mengurangi hama karena jenis tanaman yang monoton, dsb.

Jika pertanian organik ini menghasilkan produk yang aman dan bersih, mengapa tidak populer dalam masyarakat ?
Jawabannya adalah karena harga produk organik yang lebih mahal (rata-rata 2 kali lipat), kesadaran masyarakat yang masih rendah dan jumlah produknya yang masih terbatas. Produk masih terbatas karena petani juga lebih senang dengan cara-cara instan yang menggunakan pestisida dan pupuk buatan.

Monday, March 14, 2011

Cara Konversi Koordinat dalam Desimal ke format DMS pada MapInfo


MapInfo: Konverter Desimal ke DMS (Degree/minutes/seconds) dan sebaliknya

Tool ini mengkonversikan kolom data yang berisi format koordinat desimal ke format DMS, atau juga sebaliknya. Tool “Degree Converter” ini merupakan bagian dari toolset yang tersedia pada MapInfo Professional.
Untuk menampung data hasil konversi maka harus disiapkan dua buah kolom koordinat (X,Y) hasil konversi dalam format Char untuk DMS, format Char digunakan karena dalam DMS terdapat karakter yang bukan angka.
Untuk melakukan konversi ke koordinat DMS lakukan tahapan berikut: 

1. Pada menu Tools, arahkan pada Degree Converter dan klik Convert Column to DMS. Kemudian akan ditampilkan kotak dialog “The Decimal Degrees Convert  to DMS”.
2. Pilih tabel yang akan diolah untuk konversi.
3. Pilih kolom yang berisi koordinat sumber dan kolom yang menampung hasil konversi, lakukan pada kedua X (latitude) dan Y (longitude).
Tools - Converter - Convert Column to DMS
Masukkan kolom sumber dan hasil
4. Masukkan Separator untuk format DMS, yaitu karakter untuk degrees, minutes, dan seconds.
5. Pilih kolom penampung dan klik pada OK.
6. Lakukan pada kolom latitude juga hal yang sama.

 Jadinya akan seperti gambar berikut ini.

KOORDX menjadi DMSX dan KOORDY menjadi DMSY


Pengganti IF Conditional pada Mapinfo Expression dengan Int

Dalam menampilkan label di Mapinfo seringkali kita membutuhkan fungsi IF Conditional, sementara function IF tidak tersedia. Sebagai contoh kita akan menampilkan label jika kondisi variabel tertentu memenuhi kriteria tertentu.
Trik untuk menggantikan fungsi IF ini adalah dengan menggunakan fungsi Int, perhatikan ekspresi berikut ini:

Left$(NM_KOTA, Len(NM_KOTA)*Int(KOORDX<>0))

Dimana NM_KOTA akan ditampilkan bila KOORDX bukan 0, jika KOORDX berisi 0 maka NM_KOTA tidak ditampilkan.


Rute dan Koordinat Kota di Jalan Lintas Sumatera - Jakarta - Medan

Rute jalan Lintas Sumatera, khususnya dari Jakarta Medan, yang banyak digunakan adalah Lintas Timur dan Lintas Tengah. Kedua jalur tersebut masing-masing punya nuansa yang berbeda, Lintas Timur secara umum lebih dekat jaraknya tetapi kurang menarik dari sisi keindahan pemandangan dan variasi untuk tujuan sambil berwisata. Sebaliknya Lintas Tengah secara jarak lebih jauh tetapi memberikan variasi keindahan perjalanan untuk sekalian berwisata.
Jarak Lintas Timur kurang lebih 2040 km, sedangkan Lintas Tengah kurang lebih 2300 km.

Sebagian besar kota-kota yang akan dilalui dilengkapi dengan koordinat GPS Longitude dan Latitude, dengan bantuan koordinat tersebut dapat dijadikan sebagai referensi dan panduan supaya tidak tersesat jauh di perjalanan. Kordinat GPS posisi kita pada setiap saat dapat didapatkan dari perangkat GPS atau handphone dan perangkat lain yang sudah dilengkapi dengan GPS.

Rute Lintas Timur yang dilalui beserta koordinat (Long;Lat) lokasinya seperti berikut ini:
Medan (98'40'32" ; 3'35'10") - LubukPakam (98'52'28" ; 3'33'43") - Tebing Tinggi (99'9'29" ; 3'19'53") - Lima Puluh (99'25'21" ; 3'9'47") - Kisaran (99'37'28" ; 2'58'49") - Simpang Kawat - Aek Kanopan (99'39'24" ; 2'34'1") - Ratau Rapat (99'49'59" ; 2'4'53") - Aek Nabara - Kotapinang (100'5'16" ; 1'53'21") - Bagan Batu (100'27'29" ; 1'40'11") - Kandis (101'14'13" ; 0'57'29") - Simpang Dumai - Duri - Minas (101'26'9" ; 0'46'9") - Rumbai - Pekanbaru (101'26'55" ; 0'32'12") - Pangkalan Kerinci (101'49'19" ; 0'21'15") - Sorek (102'1'3" ; 0'8'56") - Ukui (102'15'6" ; -0'4'43") - Japura (102'20'40" ; -0'20'58") - Pematang Reba - Seberida (102'31'9" ; -0'44'43") - Keritang (102'40'6" ; -0'54'48") - Merlung (102'59'43" ; -1'17'24") - Sengeti (103'28'40" ; -1'27'1") - Simpang Kuala Tungkal - Jambi (103'36'4" ; -1'36'3") - Tempino - Bayung Lincir (103'41'16" ; -2'3'16") - Sungai Lilin (104'5'53" ; -2'34'36") - Betung - Palembang (104'45'19" ; -2'59'48") - Indralaya - Kayuagung (104'50'13" ; -3'23'15") - Pagerdewa (105'18'1" ; -3'45'28") - Tugu Mulyo - Pematang Panggang - Mesuji - Tulang Bawang - Menggala (105'14'45" ; -4'28'21") - Bandar Agung - Tebanggibesar (105'14'31" ; -4'51'52") - Simpang Kota Bumi - Bandarjaya (105'12'43" ; -4'56'13") - Tegineneng (105'11'40" ; -5'10'56") - Rajabasa (105'13'53" ; -5'21'42") - Bandar Lampung (105'15'37" ; -5'25'44") - Simpang - Kalianda (105'35'14" ; -5'42'28") - Bakauheni (105'45'8" ; -5'52'11") - Menyeberang Selat Sunda dengan Ferry - Merak (105'59'10" ; -5'59'12") - Jakarta (106'49'46" ; -6'9'35")

Jalur Lintas Timur (Merah) dengan daftar kota yang dilalui dan Jalur Lintas Tengah (Biru)
Jalur Lintas Tengah (Biru) dengan daftar kota yang dilalui dan Jalur Lintas Timur (merah)

Rute Lintas Tengah yang dilalui beserta koordinat (Long;Lat) lokasinya seperti berikut ini:
Medan (98'40'32" ; 3'35'10") - LubukPakam (98'52'28" ; 3'33'43") - Tebing Tinggi (99'9'29" ; 3'19'53") - Pematangsiantar (99'3'58" ; 2'57'42") - Prapat (98'55'47" ; 2'39'37") - Siborongborong (98'58'35" ; 2'12'44") - Tarutung (98'58'2" ; 2'0'41") - Sibolga (98'46'45" ; 1'44'27") - Sipirok (99'16'30" ; 1'35'59") - Padangsidempuan (99'16'31" ; 1'22'24") - Panyabungan (99'33'42" ; 0'51'44") - Muarasipongi (99'51'51" ; 0'36'51") - Lubuksikaping (100'10'12" ; 0'7'55") - Kototinggi (100'29'30" ; 0'1'49") - Payakumbuh (100'37'49" ; -0'13'24") - Bukit Tinggi (100'22'8" ; -0'18'12") - Batusangkar (100'35'38" ; -0'27'25") - Singkarak (100'37'13" ; -0'42'2") - Solok (100'39'15" ; -0'47'26") - Sungailangsat (101'17'54" ; -0'52'16") - Sungaidareh (101'29'48" ; -0'57'50") - Kotabaru (101'41'32" ; -1'7'35") - Muara Bungo (102'7'38" ; -1'29'18") - Sarolangun (102'41'43" ; -2'18'11") - Lubuklinggau (102'51'58" ; -3'17'36") - Tebingtinggi (103'4'46" ; -3'34'55") - Lahat (103'32'30" ; -3'48'0") - Tanjung Enim (103'48'33" ; -3'45'13") - Sugihwaras (103'47'10" ; -4'2'33") - Baturaja (104'10'29" ; -4'7'14") - Martapura (104'20'49" ; -4'19'38") - Kota Bumi (104'53'24" ; -4'49'49") - Tebanggibesar (105'14'31" ; -4'51'52") - Simpang Kota Bumi - Bandarjaya (105'12'43" ; -4'56'13") - Tegineneng (105'11'40" ; -5'10'56") - Rajabasa (105'13'53" ; -5'21'42") - Bandar Lampung (105'15'37" ; -5'25'44") - Simpang - Kalianda (105'35'14" ; -5'42'28") - Bakauheni (105'45'8" ; -5'52'11") - Menyeberang Selat Sunda dengan Ferry - Merak (105'59'10" ; -5'59'12") - Jakarta (106'49'46" ; -6'9'35")

Selamat jalan ...

Friday, March 4, 2011

Apa itu Sepeda Fixie dan Biaya Perakitannya

Sepeda Fixie sedang menjadi tren di kalangan ABG di Jakarta dan sekitarnya, hal ini juga seiring dengan inisiatif go green dan car free day yang sering diberlakukan di kawasan Sudirman - Thamrin di Jakarta. Sepeda ini sejauh pengamatan saya seperti kembali ke fitur-fitur masa lalu (jadul) seperti:

- minimalis
- menggunakan rem turpedo, bukan rem tangan tapi rem yang bekerja bila dikayuh arah sebaliknya
- bentuk rangka yang sederhana seperti rangka speda Onthel, tetapi dengan variasi stang dan sadel yang baru
- warna-warni, ngejreng

Pada umumnya speda dirakit dengan komponen-komponen yang kita pilih dan tentukan sendiri sesuai dengan anggaran dan keinginan kita. Dengan kebebasan merakit seperti ini maka harga Fixie sangat bervariasi, sebagai gambaran sederhana bahwa biaya merakit Fixie mulai dari 1,5 juta rupiah sampai ratusan juta rupiah ! tergantung bahan dan kualitasnya. Sebagai contoh harga frame (rangka) yang murah adalah 250 ribu tetapi yang lebih bagus naik menjadi 400 ribu, dst ... Total komponen yang membentuk speda Fixie ada sejumlah 17 buah seperti diuraikan beserta perkiraan harganya diuraikan dibawah ini.
Untuk merakit dan merancang speda Fixie bisa menggunakan alat tools merancang seperti yang disediakan pada site ini:  http://www.fixiestudio.com/
Merancang speda Fixie pada Fixiestudio

Satu hal yang menonjol yang barangkali membuat ABG tertarik adalah pilihan warna komponen-komponennya yang ngejreng yang sangat banyak variasinya, dan karena kita bisa merakit sendiri maka warna komponen-komponen bisa berbeda-beda ! Bebas ... seperti yang bisa dicoba-coba pada site fixiestudio di atas. Setelah merancang di fixiestudio maka langkah berikutnya adalah berburu komponen-komponen sesuai rancangan, atau memesan ke toko-toko yang menyediakan Fixie yang mulai banyak menjamur di Jabodetabek.

Sebagai gambaran harga komponen Fixie yang berharga cukup murah adalah sebagai berikut:
1. Frame: 370 ribu
2. Kom pork: 18 ribu
3. Kom gir + as: 35 ribu
4. Gir tengah: 80 ribu
5. Pedal: 18 ribu
6. Rantai: 30 ribu
7. Stang model tanduk: 75 ribu
8. Kepala bango: 20 ribu
9. Turpedo: 95 ribu
10. Tiang sadel: 18 ribu
11. Sadel: 40 ribu
12. Hub depan: 20 ribu
13. Busa stang: 10 ribu
14. Kleman frame: 45 ribu
15. Ban luar depan & belakang: 230 ribu
16. Ban dalam depan & belakang: 30 ribu
17. Velg united: 400 ribu
18. Ongkos rakit tukang speda: 150 ribu

Total biaya merakit adalah 1,684 juta rupiah.

Dengan hasil rakitan seperti pada gambar berikut ini.
Speda Fixie hasil rakitan dengan warna-warni
Selamat merakit ...

Thursday, March 3, 2011

Kunjungan dan Potret Keindahan Desa Perbesi dan Uruk Ndaholi di Tanah Karo

Untuk keperluan keluarga kami mengunjungi kampung istri saya di desa Perbesi - Tanah Karo - Sumatera Utara, yang bisa dicapai dalam waktu 30 menit dengan mobil dari Kabanjahe (ibukota kabupaten Karo). Karena bertepatan dengan liburan sekolah maka kami mengajak serta anak-anak. Menjadi tantangan tersendiri untuk membuat mereka betah tinggal di kampung sambil menunggu acara keluarga kami. Mereka tentu saja belum menikmati acara-acara keluarga yang dimata mereka sangat membosankan.
Istri saya sering bercerita mengenai kehidupan masa kecilnya di sana dan sejumlah lokasi tempat mereka bermain sewaktu kecil yang menurut dia sangat menarik. Dulu saya tidak tertarik karena merasa tidak ada yang istimewa, saya berpikir sama saja seperti di kampung / desa lainnya. Tetapi karena ingin mengisi liburan anak-anak di kampung maka saya mulai menelusuri obyek-obyek lokasi seperti yang diceritakannya dan sekaligus untuk menyalurkan hobi fotografi. Beberapa tempat yang menarik dikunjungi adalah mendaki ke bukit Uruk Ndaholi, danau kecil Cek Dam dan menyusuri sungai Lau Gerbong.

Foto-foto yang diabadikan di bawah ini menggunakan kamera Nikon D40 dengan pilihan lensa 18-55/f3.5-5.6 dan lensa 55-200/f4.0-5.6 yang sekiranya dapat dinikmati juga oleh anda sekalian, semoga. Salam hangat.

Memandang ke dataran Karo dari bukit Uruk Ndaholi
Dataran Karo penuh dengan areal perkebunan jagung dari Uruk Ndaholi

Gunung Sinabung tenang saat fajar menyingsing dari Uruk Ndaholi
Desa Perbesi masih diselimuti kabut pagi dari Uruk Ndaholi

Burung terbang dengan latar perbukitan Tanah Karo di Uruk Ndaholi

Kayu-kayu lapuk karena usia
Jagung menguning tanda siap panen

Danau kecil Cek Dam tempat memancing dan rekreasi dari Uruk Ndaholi

Gubuk kecil tempat pemancing di Cek Dam


Menyusuri sungai Lau Gerbong

Menyeberang sungai Lau Gerbong

Aliran sungai Lau Gerbong yang tenang dan lebar cocok untuk berenang

Gunung Sinabung di latar Lau Gerbong

Lau Gerbong mengalir sampai jauh

Akar pohon dan tempat memancing

Perbandingan Spesifikasi dan Fitur iPad Lama dan iPad 2

Apple iPad 2 baru saja diluncurkan oleh CEO Apple, Steve Job. Melihat peningkatan spesifikasi dan fitur yang  dilakukan oleh Apple yang cukup menjanjikan maka dapat diprediksi produk ini akan meneruskan kejayaan iPad lama yang menguasai 90% pasar tablet !
Peningkatan kemampuan prosesor yang diklaim sebanyak dua kali lipat dan kemampuan grafis sebanyak 9 kali tentunya menjanjikan pengalaman yang jauh lebih menarik terutama untuk game-game permainan dan interaktif. Hal ini juga ditunjang oleh fitur Kamera, Gyroscope, Digital Compass dan GPS yang telah tersedia pada iPad 2. Demikian juga dukungan interface HDMI dengan kemampuan HD 1080 pixel.

Yang agak aneh dan tidak sesuai dengan harapan penggemar iPad seperti saya adalah tetap tidak tersedianya port USB dan SD card ! Sungguh mengecewakan, dimana saat ini USB dab SD card secara de-facto sudah menjadi standar interface dan media storage dan pertukaran file dalam dunia digital.
Lihat juga http://nisura.blogspot.com/2011/02/apakah-ipad-menggantikan-laptop-atau.html

Berikut ini perbandingan spesifikasi dan fitur-fitur utama dari iPad lama dan iPad 2 yang baru.

Tabel perbandingan iPad lama dan iPad 2 baru


Spesifikasi    Ipad Lama    Ipad 2    Satuan    Keterangan iPad 2
Layar    9.7 - inch (diagonal)    9.7 - inch (diagonal)        Sama
Resolusi    1024 x 768 (132 pixels per inch - ppi)    1024 x 768 (132 pixels per inch - ppi)        Sama
Dukungan HDMI    Tidak    Ya (s/d HD 1080p)       
CPU    A4 (Single processor)    A5 (Dual processor)        CPU dua kali lebih cepat dari iPad lama, kartu grafisnya 9 kali lebih cepat
Kamera    Tidak    Depan & Belakang        Video dan foto
Gyroscope    Tidak    Ya        Dengan fitur ini feeling game (permainan) menjadi sama dengan pada iPhone 4
GPS    Tidak    Ya        Dengan fitur ini koordinat lokasi dapat diketahui
Accelerometer    Tidak    Ya        Fitur untuk mengukur kecepatan gerak perangkat
Digital Compass    Tidak    Ya        Fitur untuk menunjukkan arah mata angin
Panjang    24,8    24,28    cm   
Lebar    18,97    18,57    cm   
Tebal    1,34    8,8    cm    Lebih tipis
Berat    730    589    gram    Lebih ringan
Kapasitas storage    16GB, 32GB dan 64GB    16GB, 32GB dan 64GB       
Warna    Hitam    Hitam & Putih  
 

Cara Blackberry Menerima Upload File dari Perangkat Lain via Bluetooth

Blackberry menggunakan logika (kebiasaan) yang tidak umum dalam proses menerima upload file dari perangkat lain. Kita yang terbiasa dengan logika dan kebiasaaan pada Windows komputer / laptop (dan Nokia) seringkali kebingungan dibuatnya.
Seperti biasa untuk bisa menerima dan mengirim via bluetooth kedua perangkat harus sudah dipairing dulu.
Untuk mengirim file via bluetooth dari Blackberry (BB) tidak ada masalah karena kita tinggal pilih file kemudian send via bluetooth.
Dalam menerima file si BB harus diposisikan pada folder aplikasi yang akan menerimanya, hal ini berbeda dengan Windows dimana ketika ada permintaan upload maka ada layar pop-up di screen dan selanjutnya kita izinkan atau tolak dan kita tentukan di lokasi mana file tersebut ditempatkan. Dalam hal BB tidak demikian. Kita harus masuk ke aplikasi folder yang kita persiapkan untuk menerima upload-an tersebut.
- Misalnya kita mau terima file gambar maka kita harus masuk ke: Media - Pictures - All Pictures kemudian Options - Receive Using Bluetooth, pada posisi ini BB sudah siap menerima file dan sisi lawan tinggal kirim file tsb.
- Misalnya kita mau terima file lagu MP3 maka kita harus masuk ke: Media - Music - All Songs kemudian Options - Receive Using Bluetooth, pada posisi ini BB sudah siap menerima file dan sisi lawan tinggal kirim file tsb.
- Dst

Jalan Alternatif ke Bandara Soekarno Hatta dari Jakarta Selatan & Tangerang Selatan

Ruas jalan tol Lingkar Luar Barat (West Outer Ring Road) baru saja dibuka dan telah dapat digunakan. Jalan tol ini menghubungkan jalan tol Merak - Jakarta dengan jalan tol bandara dan dalam kota.
Untuk kita warga sekitar Jakarta Selatan seperti Bintaro, Ciledug, Meruya, Joglo dan Tangerang Selatan sangat menguntungkan karena perjalanan ke dan dari bandara Soekarno Hatta menjadi lebih singkat dan lebih lancar karena kita tidak perlu melewati jalan tol dalam kota yang sangat padat pada jam sibuk.

Menuju Bandara
Untuk menuju bandara kita masuk via pintu tol Kebun Jeruk ke arah Merak, setelah lebih kurang 3 km terus ikuti petunjuk ke arah Bandara Soekarno Hatta. Kira-kira kita akan bertemu dengan tol bandara di sekitaran Kamal.

Dari Bandara
Dari bandara seperti biasa kita ambil jalan tol, jangan lupa ambil sisi kiri. Belokan kiri yang harus kita ambil adalah petunjuk ke arah tol Lingkar Luar Barat, atau tepat setelah jalan keluar ke Kamal. Karena dari arah bandara jalan tol belum tersambung langsung ke jalan tol Merak - Jakarta maka sebaiknya keluar di sekitar pintu tol Meruya dan meneruskan via jalan alternatif dipinggir jalan tol Merak - Jakarta kemudian putar balik untuk bisa masuk ke tol Merak - Jakarta. Setelah itu kita bisa keluar di pintu tol Kebon Jeruk.

Demikian sekilas info baru, semoga bermanfaat ...

Wednesday, March 2, 2011

Cara Membaca Ukuran Ban Velg Mobil

Ukuran ban dinyatakan dalam format "xx/yy-Rzz", misalnya: 185/50-R14, artinya:
xx = lebar (dalam satuan mm) = 185 mm
yy = % tebal = ratio tebal 50%  =>  jadi tebal ban = 50% x 185 mm = 92,5 mm
zz = Radius velg (dalam satuan inch) = 14 inch  =>  14 inch x 2,54 = 35,56 mm


Tabel berikut ini menampilkan ukuran ban mobil-mobil yang populer di pasaran beserta diameter ban keseluruhan dalam satuan inch dan cm. Tabel ini dapat digunakan juga sebagai petunjuk modifikasi ukuran ban, yang harus diperhatikan adalah ukuran diameter ban hasil modifikasi tidak menyebabkan mobil bertambah tinggi secara berlebihan karena dapat merubah karakteristik mobil seperti rasio gigi, dsb. Sejumlah mobil yang telah terdata ukurannya adalah Hyundai i10, KIA Visto, Toyota Kijang, Nissan March, Toyota Vios, Honda Jazz Vtec & City, Suzuki Swift, Toyota Yaris,
Honda Freed, Suzuki aerio, Nissan Livina,BMW 318i, Toyota Innova, Hyundai i20, Toyota Rush
 ...


 Ukuran ban yang umum dan jenis mobil yang menggunakannya

Cara Mencegah Gusi Berdarah

Persoalan yang dulu sering saya hadapi adalah gusi / gigi yang berdarah pada saat menggosok gigi. Selalu saja ada darah yang keluar yang menyebabkan odol berubah menjadi merah. Pada awalnya saya khawatir kalau ada penyakit yang menjadi penyebabnya. Tetapi ternyata bukan penyakit yang menyebabkan hal tersebut.

Penyebabnya adalah gigi / gusi saya yang sensitif, dimana darah keluar bila ada gesekan yang menyentuhnya. Berdasarkan anjuran teman maka saya mencoba menggunakan pasta gigi (odol) merk Sensodyne Gum Care. Hasilnya memang ampuh, setelah menggunakan pasta gigi tersebut saya tidak pernah lagi mengalami gusi / gigi berdarah saat menggosok gigi.

Semoga pengalaman ini berguna bagi anda ...

Pembayaran Biaya Pendaftaran SNMPTN via ATM Bank Mandiri

Untuk membayar biaya pendaftaran SNMPTN (Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri) tahun 2011 dapat dilakukan melalui ATM Bank Mandiri. Berikut ini langkah untuk melakukan pembayaran tersebut.

Masukkan kartu ke mesin ATM,
Pilih menu bahasa dan masukkan nomor PIN,
Pilih menu "Pembayaran/Pembelian", kemudian masukkan Kode Perusahaan SNMPTN yaitu "10000" dan tekan tombol Benar.

Masukkan kode Pendaftaran,
Pilih kelompok yang diinginkan IPA/IPS/IPC,
Pastikan kembali detil pembayaran, bila benar, pilih ya.
Kita akan mendapatkan cetakan bukti pembayaran (struk) sebagai syarat pengambilan formulir SNMPTN.

Selesai

Tempat Mengurus STNK Pajak Kendaraan di Tangerang Selatan

Pembagian samsat untuk lokasi pengurusan pembayaran pajak dan STNK (surat tanda nomer kendaraan) di daerah Tangerang dan Banten seringkali membingungkan, karena ada sejumlah 5 lokasi samsat yaitu: Samsat Ciputat, Ciledug, BSD, Cikokol dan Balaraja.

Berdasarkan pengalaman kami untuk domisili daerah Tangerang Selatan pengurusan stnk diarahkan ke samsat Ciputat yang berlokasi di setelah jembatan layang Pasar Ciputat. Untuk daerah BSD diarahkan ke samsat BSD.

Untuk domisili daerah Kabupaten Tangerang, pengurusan stnk diarahkan ke samsat Balaraja.

Untuk domisili daerah Kota Tangerang, pengurusan stnk diarahkan ke samsat Cikokol atau bisa juga ke samsat Ciledug, lokasinya di dekat perempatan Ciledug ke arah Parungserap.

Tuesday, March 1, 2011

Cara Mudah Mengukur Efisiensi (Irit) Mesin Mobil

Tahukah anda ada cara mudah untuk mengetahui apakah mobil anda termasuk irit atau boros (efisien) bahan bakar ?
Caranya adalah dengan menjalankan mobil di jalan datar pada kecepatan konstan 100 km/jam pada posisi gigi 5, kemudian perhatian jarum RPM (putaran mesin per menit) dari kendaraan anda.
Bila pada kecepatan tersebut ternyata menunjukkan RPM pada posisi 3000 atau kurang maka kendaraan anda termasuk irit / hemat. Dengan situasi tersebut kisaran efisiensi kendaraan anda adalah kira-kira 1:10 untuk dalam kota dan 1:16 untuk luar kota.
Bila pada kecepatan tersebut jarum RPM ternyata lebih besar dari 3000 maka mobil anda termasuk boros.
Pengalaman saya untuk beberapa jenis mobil adalah sbb:
   - Nissan Grand Livina tahun 2007  kurang sedikit dari 3000 rpm
   - Honda Jazz VTEC tahun 2008 pas pada 3000 rpm
   - Toyota Corolla 1300cc tahun 1991 lebih sedikit dari 3000 rpm
   - Toyota Avanza tahun 2005 lebih dari 3000
   - Toyota Innova tahun 2005 lebih dari 3000

Lihat hasilnya pada foto-foto speedo meter berikut ini.

Nissan grand livina tahun 2007 pada RPM < 3000

Honda jazz vtec tahun 2008 pada RPM 3000
Toyota Corolla 1300 cc tahun 1991 pada RPM 3000

Logika dibalik angka-angka tersebut adalah bahwa untuk mencapai kecepatan 100 km/jam secara konstan mesin harus berputar sekian RPM. Semakin tinggi RPM berarti mesin semakin sering berputar berarti semakin sering bahan bakar disemprotkan ke ruang bakar mesin, artinya untuk satuan waktu tertentu lebih banyak bahan bakar yang dihabiskan pada kecepatan yang sama-sama konstan 100 km/jam untuk RPM yang lebih tinggi.

Logis bukan ?


(Tangsel Mar11)