Teknologi pencitraan satelit (satellite imaging atau remote
sensing) sudah sangat maju saat ini, tetapi mengapa (tetap) sulit menemukan lokasi pesawat MAS MH370 yang diperkirakan telah jatuh dengan bantuan pencitraan satelit tersebut?
Pertanyaan yang banyak muncul mengingat kemajuan teknologi yang ada saat ini.
... just to share my experience in information, technology, photography and environmental issues ... ... sekedar berbagi pengalaman dalam teknologi, informasi, fotografi dan isu-isu lingkungan ...
Saturday, March 29, 2014
Thursday, March 27, 2014
Siapa Calon Presiden Indonesia ?
Pemilihan anggota legislatif (DPR) akan segera dilaksanakan di seluruh Indonesia pada tanggal 9 April 2014 dengan potensi 186 juta pemilih yang berhak sesuai dengan data terakhir KPU, sebagai gambaran pada pemilihan legislatif tahun 2009 jumlah suara sah yang masuk adalah 104.099.785.
Friday, March 21, 2014
Ada apa dengan MH370 ?
Ada apa dengan MH370 ? yang saat ini menjadi berita yang hangat dan diulas terus-menerus di mass media. Hal ini disebabkan karena pesawat tersebut hilang kontak total sejak Sabtu, 8 Maret 2014 setelah terbang selama satu jam dari bandara Kuala Lumpur International Airport (KLIA) menuju Beijing dan belum diketahui keberadaannya sampai dengan saat ini.
MH adalah kode IATA untuk perusahaan penerbangan Malaysia Airlines, yang kode ICAO-nya MAS, sedangkan angka 370 adalah nomor yang diberikan untuk penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing.
Data tentang MAS MH370 yang nahas tersebut:
-- Jenis pesawat: Boeing 777-200ER
-- Kapasitas penumpang: 301 orang
-- Daya jelajah: 7,725 nautical miles (14,305 km), dalam kondisi tanpa penumpang
-- Pengendali pesawat: Pilot dan Co-pilot
-- Usia pesawat: 10 tahun
-- Jadwal terbang MAS: berangkat 00.25 [GMT+8] tiba 06.35
-- Penumpang pada saat kejadian: 239 orang (termasuk awak pesawat)
-- Jarak udara Kuala Lumpur - Beijing: sekitar 4.350 km
-- Menurut informasi yang ada, pada saat terbang tangki bahan bakar pesawat dalam kondisi penuh.
MH adalah kode IATA untuk perusahaan penerbangan Malaysia Airlines, yang kode ICAO-nya MAS, sedangkan angka 370 adalah nomor yang diberikan untuk penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing.
Data tentang MAS MH370 yang nahas tersebut:
-- Jenis pesawat: Boeing 777-200ER
-- Kapasitas penumpang: 301 orang
-- Daya jelajah: 7,725 nautical miles (14,305 km), dalam kondisi tanpa penumpang
-- Pengendali pesawat: Pilot dan Co-pilot
-- Usia pesawat: 10 tahun
-- Jadwal terbang MAS: berangkat 00.25 [GMT+8] tiba 06.35
-- Penumpang pada saat kejadian: 239 orang (termasuk awak pesawat)
-- Jarak udara Kuala Lumpur - Beijing: sekitar 4.350 km
-- Menurut informasi yang ada, pada saat terbang tangki bahan bakar pesawat dalam kondisi penuh.
Thursday, March 20, 2014
Mengapa Dokter Cenderung Diagnosa Usus Buntu
Mengapa Dokter cenderung men-diagnosa usus buntu ? ... pertanyaan yang tidak mudah untuk dijawab apalagi oleh orang awam dunia kedokteran seperti saya. Tetapi pengalaman yang kami alami sendiri, beberapa saudara dan teman menunjukkan gejala ini banyak terjadi.
Fungsi usus buntu seringkali disebutkan hampir tidak ada sehingga dibuang pun tidak masalah. Rasanya agak naif kalau menyebut usus buntu tidak ada fungsinya, karena saya percaya setiap bagian tubuh ada fungsinya sendiri-sendiri walaupun pemahaman dan ilmu pengetahuan barangkali belum mampu menguak semua fungsinya.
Fungsi usus buntu seringkali disebutkan hampir tidak ada sehingga dibuang pun tidak masalah. Rasanya agak naif kalau menyebut usus buntu tidak ada fungsinya, karena saya percaya setiap bagian tubuh ada fungsinya sendiri-sendiri walaupun pemahaman dan ilmu pengetahuan barangkali belum mampu menguak semua fungsinya.
Saturday, March 8, 2014
Cara Memindahkan Kontak / Contacts Z-10 BB-10 ke Android
Dengan tersedianya layanan BBM di Android (Gingerbread, Jellybean dan Kitkat) dan iOS (iPhone) maka kini tersedia lebih beragam pilihan handset yang bisa menjalankan BBM untuk mendukung produktivitas kerja kita.
Pemindahan BBM dari Blackberry 10 (BB-10) / handset Z-10 ke Android maupun iOS sangat mudah karena cukup mematikan jaringan internet dari BB-10 yang lama supaya BBM-nya menjadi off-line dari server BBM, kemudian menjalankan BBM di Android / iOS baru yang telah tersambung internet dengan memasukkan user dan password di BBM login (sama dengan user / password di Blackberry World). Maka secara otomatis semua kontak / contact BBM (termasuk Group-group) akan berpindah dan aktif dengan PIN - BB yang baru di handset Android / iOS tersebut.
Pemindahan BBM dari Blackberry 10 (BB-10) / handset Z-10 ke Android maupun iOS sangat mudah karena cukup mematikan jaringan internet dari BB-10 yang lama supaya BBM-nya menjadi off-line dari server BBM, kemudian menjalankan BBM di Android / iOS baru yang telah tersambung internet dengan memasukkan user dan password di BBM login (sama dengan user / password di Blackberry World). Maka secara otomatis semua kontak / contact BBM (termasuk Group-group) akan berpindah dan aktif dengan PIN - BB yang baru di handset Android / iOS tersebut.
Pengalaman menggunakan Japan Rail Pass - JR Pass
Pengalaman menggunakan Japan Rail Pass - JR Pass sekitar akhir Februari 2014 di Jepang cukup menarik dan mengesankan.
Seperti kita ketahui bahwa jaringan Kereta Api (KA) di Jepang tertata dengan sangat baik, barangkali terbaik di dunia, yang hampir mencakup seluruh negeri sampai ke pedesaan. Dengan KA dan Stasiun KA yang bersih, rapi dan selalu dilengkapi kamar kecil / WC. KA-nya terdiri dari jenis KA listrik model lama sampai dengan kereta peluru Shinkansen jenis terbaru yang bisa mencapai kecepatan 250+ km per jam ! Sejauh pengamatan saya seluruh jenis KA tersebut menggunakan tenaga listrik. Jaringan relnya beragam dari yang digelar di atas tanah, menyeberangi jembatan sungai dan laut, menyeberangi jurang dan tentu saja yang dibawah tanah (subway). Ada sejumlah operator KA di Jepang, salah satunya yang terbesar yang memiliki jalur dalam kota dan antar kota ke seluruh negeri adalah Japan Railway atau disingkat JR.
KA juga merupakan pilihan transportasi terbaik di Jepang karena moda transportasi lain seperti Taxi adalah super mahal ! Tarif buka pintu taxi argometer adalah sekitar 600 Yen (74 ribu rupiah kurs hari ini) untuk kilometer pertama, selanjutnya per kilometernya sekitar 250 Yen (31 ribu rupiah). Sebagai contoh dari bandara Kansai ke kota Osaka yang berjarak 50-an km akan kena biaya minimal 13-an ribu Yen atau sekitar 1,5 juta rupiah ! Jadi pergunakanlah taxi dalam keadaan penting dan mendesak saja untuk jarak dekat. Pilihan sewa mobil (car rental) sebenarnya cukup murah yaitu mulai dari 5000-an Yen (600-an ribu) per hari dan harga bensin 150 Yen per liter (sekitar 18 ribu-an), tetapi keharusan untuk mengembalikannya ke tempat penyewaan, kemampuan membaca peta dan lalulintas yang macet di kota besar seperti Tokyo perlu dipertimbangkan dengan matang.
Seperti kita ketahui bahwa jaringan Kereta Api (KA) di Jepang tertata dengan sangat baik, barangkali terbaik di dunia, yang hampir mencakup seluruh negeri sampai ke pedesaan. Dengan KA dan Stasiun KA yang bersih, rapi dan selalu dilengkapi kamar kecil / WC. KA-nya terdiri dari jenis KA listrik model lama sampai dengan kereta peluru Shinkansen jenis terbaru yang bisa mencapai kecepatan 250+ km per jam ! Sejauh pengamatan saya seluruh jenis KA tersebut menggunakan tenaga listrik. Jaringan relnya beragam dari yang digelar di atas tanah, menyeberangi jembatan sungai dan laut, menyeberangi jurang dan tentu saja yang dibawah tanah (subway). Ada sejumlah operator KA di Jepang, salah satunya yang terbesar yang memiliki jalur dalam kota dan antar kota ke seluruh negeri adalah Japan Railway atau disingkat JR.
KA juga merupakan pilihan transportasi terbaik di Jepang karena moda transportasi lain seperti Taxi adalah super mahal ! Tarif buka pintu taxi argometer adalah sekitar 600 Yen (74 ribu rupiah kurs hari ini) untuk kilometer pertama, selanjutnya per kilometernya sekitar 250 Yen (31 ribu rupiah). Sebagai contoh dari bandara Kansai ke kota Osaka yang berjarak 50-an km akan kena biaya minimal 13-an ribu Yen atau sekitar 1,5 juta rupiah ! Jadi pergunakanlah taxi dalam keadaan penting dan mendesak saja untuk jarak dekat. Pilihan sewa mobil (car rental) sebenarnya cukup murah yaitu mulai dari 5000-an Yen (600-an ribu) per hari dan harga bensin 150 Yen per liter (sekitar 18 ribu-an), tetapi keharusan untuk mengembalikannya ke tempat penyewaan, kemampuan membaca peta dan lalulintas yang macet di kota besar seperti Tokyo perlu dipertimbangkan dengan matang.
Subscribe to:
Posts (Atom)