Thursday, February 24, 2011

Apakah iPad menggantikan Laptop atau Netbook ?

Pada awalnya saya membeli iPad dengan harapan dapat menggantikan fungsi laptop. Apakah demikian ? Mari disimak pengalaman saya ini ...

Ketika saya perhatikan iPad punya teman, saya punya keyakinan bahwa iPad dapat menggantikan fungsi laptop saya untuk browsing Internet, game, email, mengetik, spreadsheet dan mempersiapkan presentasi Powerpoint. Apakah demikian ? Jawabnya ya, iPad dapat melakukan semua pekerjaan tersebut. Aplikasi Document-to-Go di ipad cukup nyaman dipakai untuk pengganti MS Excel, MS Word dan MS PowerPoint.
Bahkan iPad memberikan lebih karena kemampuan baterenya yang lumayan lama 10 jam dibandingkan dengan laptop yang hanya tahan untuk 4 jam, kemudian seketika kita tekan tombol on seketika itu pula iPad sudah siap digunakan. Dengan bentuk fisik yang jauh lebih tipis dan lebih enteng tentu saja iPad jadi mudah dibawa-bawa dan setiap saat dengan mudah digunakan ! Editing tulisan pun nyaman dilakukan, sekalipun tanpa mouse.

Kecepatan mengetik di iPad pun kalau saya bandingkan dengan di laptop dalam mengetik kalimat legendaris "The quick brown fox jumps over the lazy dog." hampir sama. Dengan jumlah kesalahan ketik yang cenderung lebih sedikit !

Kembali lagi ke pertanyaan awal kita, apakah iPad menggantikan laptop ? Ternyata tidak sepenuhnya demikian, berdasarkan pengalaman maka kita masih sangat bergantung ke flashdisk USB untuk tukar menukar file. Hal ini tidak mungkin dilakukan pada iPad karena port USB tidak tersedia sama sekali ! Sementara flashdisk sudah jadi standar de-facto untuk pertukaran data / file antar berbagai perangkat digital.
Tidak heran kalau Apple menyediakan aplikasi iTunes untuk media pertukaran data / file dengan kabel penghubung ke laptop yang proprietary (khusus) untuk iPad. Semua pertukaran data / file dan untuk backup masih dilakukan melalui PC atau laptop.

Disamping itu bagi anda yang senang blogging (para blogger) ternyata browser Safari yang disediakan oleh iPad tidak atau setidaknya belum friendly dengan blogging seperti di blogspot.com, terutama untuk upload gambar yang tidak bisa dilakukan melalui Safari. Menurut info terakhir bahwa wordpress.com sudah friendly dengan ipad. Hal ini tentu saja sangat mengganggu karena setiap kali kita menambahkan blog mesti lewat laptop.
Kelemahan lainnya adalah Safari di iPad tidak mendukung Flash, sehingga website-website yang menggunakan Flash tidak bisa ditampilkan. Beberapa teman menyarankan melakukan Jailbreak di iPad, suatu tindakan "hacking" untuk mengakali sistem operasi iPad (IOS) sehingga bisa menjalankan aplikasi-aplikasi tertentu bahkan instalasi aplikasi tanpa melalui Apple Store alias gratisan untuk semuanya. Hal ini tidak saya sarankan karena akan mengakibatkan kekacauan pada sistem ipad pada saat update otomatis berlangsung dengan Apple Store, atau yang dilakukan secara manual demi mengupgrade aplikasi-aplikasi yang telah dimiliki mereka.
Demikian juga beberapa aplikasi yang biasa saya gunakan seperti MS Project belum saya temukan padanannya di iPad.

Jadi untuk saya pribadi iPad belum bisa menggantikan fungsi laptop atau Netbook sekalipun. Akibatnya di tas ransel saya selalu ada laptop dan iPad :-( yang menambah bobot ransel sekitar 500 gram ... Tak apalah demi iPad.