Monday, February 28, 2011

Wisata Murah dan Lokasi Menarik di Singapura

Wisata ke Singapura cukup menarik karena ada sejumlah lokasi tujuan wisata dan landscape kota Singapura sendiri yang cukup menarik.

Beberapa tujuan wisata yang menarik untuk keluarga antara lain adalah: science centre, sentosa island: luge ride & sky ride, megazip dan singapore flyer

Science centre
Science centre merupakan pusat peraga ilmu pengetahuan dan teknologi dengan sejumlah peralatan peraga (visualisasi) berbagai ilmu pengetahuan mulai dari Fisika, Kimia, Matematika, Biologi dsb. Contohnya adalah seperti peraga sangkar Faraday, peraga terjadinya petir, peraga cara kerja pompa air, peraga efek lensa, peraga cara kerja genset, contoh dan cara kerja robot, dsb. Dengan peraga visual ini kita lebih mudah memahami ilmu pengetahuan dan teknologi.
Hal ini sangat bagus untuk anak-anak dari tingkatan TK sampai dengan Universitas dengan tiket masuk yang cukup murah. Berada di sebelah science center juga  terdapat area rekreasi yaitu gedung salju, didalamnya kita bisa meluncur dengan kereta salju di atas salju buatan dan foto-foto dengan latar salju dan hujan salju.
Peraga genset listrik di Science Centre Singapura
Peraga cara kerja berbagai jenis pompa air di Science Centre Singapura

Peraga piano transparan di Science Centre Singapura
Suasana di dalam gedung Science Centre Singapura, lengkap
Peraga robot di science centre Singapura
Pulau Sentosa - Sentosa Island
Pulau Sentosa merupakan pulau buatan yang dibangun dengan area rekreasi dan permainan sebagai tujuan utamanya. Pantai buatan dengan pasir putihnya cukup menarik untuk tempat rekreasi. Pulau Sentosa dapat dicapai dengan MRT samoau ke Vivocity mall kemudian dilanjutkan dengan kereta khusus ke Pulau Sentosa. 
Beberapa permainan menarik yang kami temui di sana adalah seperti luge ride & sky ride dan megazip. 
 
Luge ride & sky ride
Luge ride & sky ride adalah permainan yang dimulai dengan mendaki bukit dengan kereta kabel, dari atas kemudian kita meluncur dengan kereta luncur menuju tempat semula kereta kabel. Kereta peluncur hanya bisa dimuati satu orang dan dapat meluncur sampai kecepatan kurang lebih 40 km/jam dengan jarak lintasan lebih kurang 1 km.
Menaiki kereta kabel di Sentosa Island Singapura
Turum dengan kereta luncur di Sentosa Island Singapura
Megazip
Megazip adalah sejenis flying fox. Kabel baja ditarik dari bangunan besi setinggi 20-an meter di perbukitan, sampai ke pantai. Pemandangan yang kita lalui sangat menarik karena dapat melihat jelas ke arah pelabuhan Singapore dan pantai pulau Sentosa. Panjang keseluruhan kabel baja dari puncak sampai pantai berkisar 500 meter.
Pemandangan ke arah pantai pulau Sentosa dan pelabuhan Singapore
Meluncurrrr - flying fox di Sentosa Island Singapura
Meluncur di atas pantai Sentosa Island Singapura
Singapore Flyer
Sejenis roda raksasa dengan kapsul penumpang berkaca yang sangat besar dengan ketinggian puncak mencapai 165 meter. Penumpang masuk ke dalam kapsul berkaca, selama roda raksasa berputar kita dapat melihat-lihat ke berbagai arah kota Singapore. Tiap kapsul dapat menampung kurang lebih 10 pengunjung. Berdasarkan catatan roda raksasa ini merupakan yang terbesar di dunia. 
Singapore Flyer dari kejauhan
Singapore Flyer dari bawah, seperti roda sepeda
Kapsul-kapsul penumpang terus berputar - Singapore Flyer
Kapsul penumpang pada saat di puncak Singapore Flyer
Transportasi dengan MRT
Mass Rapid Transportation (MRT) merupakan moda transportasi massal yang melayani masyarakat Singapore dengan efektif. Hampir seluruh area kota dapat dicapai dengan kombinasi kereta bawah tanah dan bus. Sistem MRT ini sendiri merupakan hal menarik untuk dipelajari dalam hal mekanisme ticketing dan penggunaannya. Untuk turis disediakan tourist pass seharga S$8 per hari, dengan tourist pass ini kita bebas menggunakan MRT sepanjang hari dengan tarif tersebut tanpa batas.

Makanan
Tempat makan merupakan satu hal yang sangat menarik, terutama bagi yang tidak berpantangan babi. Jenis makanan sangat beragam dari makanan khas China, India, Barat dan tentu saja Melayu. Harga makanan di kedai-kedai makanan dan food court di mall-mall yang banyak tersebar berkisar mulai dari S$ 5, untuk minuman mulai dari S$ 2.

Pilihan Penginapan Murah
Penginapan banyak tersedia dengan pilihan tarif yang bervariasi. Untuk wisata satu keluarga dengan tarif termurah dapat diperoleh dengan memesan kamar motel atau hostel dengan banyak tempat tidur, sehingga kita bisa menginap sekeluarga dalam satu kamar. Ini merupakan pilihan termurah dengan tarif per malam mulai dari S$ 200. Kamar-kamar ini bisa dipesan / booking melalui internet, berbagai pilihan penginapan dapat dicari melalui Google dengan keyword seperti "cheap hostel in singapore". 
Alternatif lain adalah menyewa apartemen di daerah Orchard road seperti di lucky plaza yang berada di pusat kota dan mall-mall besar, untuk menemukannya dapat disearch di google dengan "apartemen di singapore lucky plaza". Tetapi berdasarkan pengalaman kami biaya sewa kamar di hostel tetap paling murah, memang bukan di daerah Orchard road tetapi seperti di daerah Quay Clark misalnya. Dan untuk sarapan pagi ala kadar biasanya tersedia di hostel. 
 
Wisata murah dan mengunjungi lokasi-lokasi yang menarik di Singapore dapat terwujud kalau kita aktif menelusuri dan mencari informasinya, terutama di web.