Monday, February 14, 2011

Kalkulasi Sederhana Keseimbangan Karbon

Produksi/emisi karbon ke udara berasal dari pembakaran bahan bakar fosil.
Penyerapan karbon terutama dilakukan oleh tumbuh-tumbuhan saat fotosintesa.

Bagaimanan dengan kalkulasi karbon saya apakah sudah seimbang?

Sebagai gambaran sehari-hari saya menggunakan mobil dengan efisiensi 10km/liter. Jarak ke kantor adalah 20km, artinya setiap hari saya membakar BBM paling tidak 4 liter.
Berdasarkan hitungan referensi ini:
http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Undergraduate-10094-Paper.pdf

Bahwa 1 liter bensin menghasilkan 2kg CO2, maka total CO2 yang saya produksi sehari adalah 8kg.

Di rumah saya terdapat sejumlah tumbuhan, seperti pohon mangga 1 buah, pohon coklat 2 buah, pohon palem 3 buah dan pohon Tanjung 1 buah.
Berdasarkan referensi ini:
http://endesdahlan.staff.ipb.ac.id/files/2011/01/Tommy-Steven-Parulian-S.-E34101012.pdf

Bahwa pohon-pohon tersebut di atas rata-rata menyerap karbon sejumlah 0,4gram/jam atau dengan asumsi fotosintesa berlangsung 10 jam sehari maka serapan karbon per pohon per hari adalah hanya 4 gram. Jadi untuk sejumlah pohon tersebut yakni 7 pohon hanya menyerap CO2 sejumlah 28 gram.

Dengan kata lain defisit serapan karbon saya per hari adalah 8000 gram - 28 gram = 7972 gram.
Wow ketimpangan yang luarbiasa untuk saya pribadi!!! Dibutuhkan ribuan pohon untuk menyeimbangkan produksi karbon saya.


Tiada cara lain selain mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, pemeliharaan hutan, hutan kota, transportasi massal ... Bike to work.