Sunday, February 20, 2011

Check-up dan Berobat ke Penang - Malaysia

Akhirnya kami putuskan check-Up kesehatan ke Penang. Mengapa?

Keputusan yang berat, seolah sudah tidak percaya dengan kemampuan dokter dan RS kita di Tanah air. Tetapi harus diakui memang demikian kenyataannya ... Kasus yang kami alami adalah diagnosa usus buntu akut oleh dokter di 2 RS terkenal di Jakarta, karena kami cukup yakin bahwa bukan itu sumber masalahnya maka kami akan mintakan 3rd opinion :-(
Kenyataannya memang lain di Penang, diagnosis dokter adalah batu ginjal yang mereka jelaskan dengan analisis foto dan penjelasan gamblang yang mudah kami cerna.



Ponakan-ponakan dan saudaraku yang sedang belajar jadi dokter, belajarlah yang tekun dan dedikasikan ilmu tsb untuk orang-orang sakit yang butuh pertolongan. Uang dan kekayaan akan mengikuti dedikasinya, bukan sebaliknya uang yang utama.

Mendengar kabar dari saudara-saudara dan teman tentang Penang yang menawarkan layanan kesehatan yang proporsional maka kami ingin mencoba, ditunjang dengan tiket yang murah dari AirAsia, Sriwijaya Air dan Wings yang melayani penerbangan ke Penang dari Jakarta dan Medan dan biaya fiskal yang telah dibebaskan oleh Pemerintah maka layanan kesehatan di Penang menjadi menarik.
Sebagai gambaran paket general check-up yang menyeluruh dikenakan tarif RM 600 atau setara Rp 1,8 jt. Untuk operasi batu ginjal dikenakan tarif lebih kurang RM 12,000 atau setara 36 juta, sudah termasuk obat-obatan dan rawat inap selama 3 hari.

Pendukung lainnya adalah guide-guide Penang yang sangat membantu, dengan layanan antar jemput ke RS dan Bandara dan penginapan / apartemen yang murah dan cukup bersih dengan berbagai pilihan. Salah satu dari mereka yang sangat membantu kami dan menjadikan kunjungan efektif adalah saudari Elizabeth +60164538630.
Alternatif lain kita bisa atur sendiri karena di sekitar Island Hospital (RS yang kami kunjungi) misalnya ada sejumlah penginapan, seperti YMCA ada di seberang RS dengan tarif RM 75 per malam termasuk sarapan yang sudah mirip kamar hotel kelas Melati (AC dan kamar mandi di dalam). Kemudian juga ada penginapan Mr Goh, dari RS berjalan ke arah kiri 200 meter ada jalan ke kiri sampai mentok. Nomer teleponnya +60125872826 / +60164833761 dengan tarif berkisar RM 50 tetapi kamar mandi sharing. Tempat makan ada beberapa pilihan seperti di Cafe RS, kemudian di restoran YMCA dan di cafe Jasmine yang bisa dijalani ke arah kiri dari RS sejauh 300 meter.

Penerbangan ke Penang dari Jakarta ditempuh dalam 2 jam, dari Medan hanya 45 menit.

Ada sejumlah RS di Penang, Island Hospital (yang kami gunakan), Adventist Hospital, Gleneagles, Goh Wan Lye, dll. Pada umumnya menawarkan layanan yang sama.
Secara umum layanan mereka sama saja dengan di Jakarta, hanya saja kesan saya mereka profesional dan ramah ke tamu-tamunya. Empati dari mereka mendukung kepercayaan diri pasien untuk sembuh.

Di Penang kami bertemu sejumlah orang dari Indonesia yang seperti kami, keluhan semua orang adalah sama. Mereka sudah puas konsultasi dan berobat di Tanah air dengan hasil yang tidak jelas dan biaya yang lebih tinggi karena harus bolak-balik ke dokter atau RS !

Barangkali kami juga telah mengambil keputusan yang tepat, semoga.