Monday, March 28, 2011

Apakah Go Green Itu ?

Apakah Go Green Itu ?

Go green, gerakan atau ajakan yang makin populer saat ini seiring kesadaran banyak orang untuk lebih menghargai dan memelihara alam tempat mereka hidup.

"Green" disamping arti harafiahnya hijau juga diartikan sebagai:
(G) Generate compost. Pembentukan kompos, yang merupakan proses alami dalam mendaur ulang. Kita diajak untuk belajar ekologi, biologi, dan pengurangan limbah.
(R) Recycle everything. Mendaur ulang segala sesuatu yang tidak bisa digunakan kembali, dan membeli barang keperluan yang bisa didaur ulang. Seperti kertas, plastik, aluminium, kartu tinta printer, dll. Dalam rangka mengurangi emisi gas rumah kaca dan beracun dan penghematan energi.
(E) Educate students, teachers and parents. Mengedukasi pelajar, guru, dan para orangtua untuk bertindak secara bertanggung jawab pada lingkungan hidup. Ketika pelajar, guru dan orangtua terbiasa bekerja sama dalam menjadikan sekolah mereka ramah lingkungan, maka diharapkan kebiasaan yang sama tertular ke lingkungan tempat tinggal mereka di luar sekolah.
(E) Evaluate the environmental impact of every activity. Mengevaluasi akibat dari setiap aktifitas terhadap lingkungan. Mengidentifikasi produk-produk dan perilaku yang dapat membahayakan kesehatan anak dan lingkungan sekeliling mereka.
(N) Nationalize the principles of responsible paper consumption. Mengkampanyekan secara nasional penggunaan kertas dengan cara yang bertanggung jawab, dengan menggunakan media teknologi seperti internet sebanyak mungkin. Sebagai gambaran bahwa 1 ton kertas memerlukan penebangan 17 buah pohon besar !

Beberapa rekaman foto berikut ini perlu kita pakai untuk refleksi dalam hidup keseharian kita yang juga mungkin bisa kita lakukan, mulai dari sekarang!

Hutan (warna hijau pekat) semakin berkurang di Sumatera utara ... Mari hijaukan lagi !
Pohon ini telah hidup puluhan (ratusan) tahun, kita yang harus mengalah

Kaderisasi pohon untuk kesinambungan kota hijau

Membangun kota boleh-boleh saja, tapi hutan tetap terpelihara (Penang)
Rumah - villa merambah hutan ... hentikan! (Puncak Bogor)
Seandainya hutan bakau ini lebih luas lagi ... (Pantai utara Jakarta)


Gedung boleh-boleh saja, tapi sediakan juga tempat tanaman (Landmark - Jakarta)
Air air air, mari menabung air dan tidak buang sampah sembarangan!