Tuesday, March 1, 2011

Pengalaman Merawat Nissan Grand Livina 1.5 XV

Mobil Nissan Grand Livina 1.5 XV merupakan mobil keluarga 7 seater (7 tempat duduk 3 baris) dengan kapasitas mesin 1500 cc dan 4 silinder. Mobil ini nyaman digunakan terutama untuk tempat duduk baris pertama dan baris kedua, untuk baris ketiga lebih sesuai digunakan untuk anak kecil karena untuk orang dewasa kurang leluasa dan akses masuk - keluarnya juga kurang leluasa terutama yang bertinggi badan lebih dari 160 cm.

Performa mesin baik untuk putaran tinggi, tetapi untuk putaran mesin rendah dibawah 2500 rpm kurang bertenaga. Sehingga kita agak repot di daerah yang menanjak dan banyak berhenti, seperti misalnya ke arah Puncak Bogor karena kita banyak bermain di gigi 1 dan 2. Yang menonjol dari mesinnya adalah tingkat efisiensinya, untuk dalam kota rata-rata adalah 11 km per liter sedangkan ke luar kota mencapai 17 km per liternya !

Modifikasi yang telah saya dilakukan hanya mengganti resistor untuk blower AC (air conditioner) kabin dalam dengan milik Nissan Livina XR hatchback. Hal ini disebabkan karena blower AC Grand Livina menurut saya terlalu besar atau terlalu kencang sekalipun untuk posisi 1, sehingga menimbulkan noise audio dan membuat saya kedinginan pada malam hari atau saat hari hujan. Penggantian dilakukan di Nissan Bintaro pada saat service rutin. Setelah diganti menurut menjadi lebih sesuai dan tetap nyaman, pergantian ke posisi 2 atau lebih tinggi lagi hanya saya lakukan pada saat terik matahari siang. Harga resistor ini sekitar 200 ribuan rupiah saja.

Selama digunakan 4 tahun tidak ada persoalan besar yang ditemui, salah satu barangkali yang cacat produksi hanyalah evaporator AC kabin dalam. Gejalanya adalah freon AC berkurang drastis setelah 2 tahun digunakan sehingga performa AC turun drastis, tetapi karena garansi dari Nissan selama 3 tahun maka persoalan tersebut ditangani oleh mereka dan gratis dalam penggantiannya.

Berbicara mengenai suspensi, ini merupakan kelebihannya karena suspensi terasa seperti sedan dan tetap nyaman sekalipun penumpang terisi penuh. Ground clearence cukup tinggi, lubang-lubang di jalanan tidak perlu khawatir kandas. Hanya saja dibagian paling belakang bawah terdapat batang besi untuk derek yang agak menonjol ke bawah sehingga beberapa kali tergesek ke permukaan jalan saat ada jalanan yang amblas sangat dalam.

Di bagian audio sekalipun hanya dengan perangkat standar cukup mumpuni, hanya saja CD player yang disediakan tidak bisa memainkan MP3. Ditunjang dengan kabin Livina yang menggunakan sekat yang baik maka gangguan noise suara dari mesin dan ban teredam dengan baik alias cukup senyap sehingga suara dari perangkat audio lebih bersih. Sebagai perbandingan dengan mobil lain seperti Honda Jazz dapat saya katakan bahwa Livina setingkat di atas merk tersebut.
Untuk jok belakang dapat dilipat sehingga rata sedangkan jok tengah dapat digeser ke depan, hal ini membuat ruang penyimpanan barang menjadi lega dan luas.
Setelah digunakan hampir 4 tahun ini, pergantian komponen besar yang dilakukan hanyalah pergantian plat kopling beserta mataharinya pada posisi odo meter 60000 km. Gejala yang timbul sebelumnya adalah bau menyengat yang timbul saat mobil mendaki pada jalanan yang terjal. Suatu hal yang wajar menurut saya.


Demikian sekilas pengalaman dengan Nissan Grand Livina.